Pilih Program Aupair Jerman dari Kami dan Wujudkan Impian

Tidak sedikit anak muda Indonesia yang tertarik dengan program Aupair Jerman. Banyak keuntungan yang didapatkan dengan persyaratan mudah. 

Program Aupair Jerman, Bisa Jadi Batu Loncatan Kuliah di Jerman

Pernah dengar program Aupair? Kamu yang mungkin sedang berpikiran untuk bekerja atau melanjutkan kuliah di luar negeri seharusnya sudah pernah mendengarnya. Sayangnya masih banyak yang salah kaprah memahami program ini. 

Banyak yang menganggap Aupair adalah pekerjaan sebagai TKI padahal keduanya jelas sangat berbeda. Program ini sudah banyak membantu anak muda Indonesia untuk akhirnya bisa kuliah di Jerman

Bagaimana ceritanya dan seperti apa syarat untuk mengikuti program ini? 

Enaknya Mengikuti Program Aupair di Jerman

Aupair Jerman sebenarnya bukanlah program yang hanya dilaksanakan di negara Jerman saja. Beberapa negara seperti Perancis, Austria, Norwegia, Kanada, Finlandia, Denmark dan beberapa negara Eropa lainnya termasuk Jerman. 

Mengapa banyak yang menganggap bahwa Aupair adalah TKI atau TKW karena jenis tugas yang dilakukan adalah merawat anak-anak dari host family. Nah, gugus tugas yang dimiliki ini serta fasilitas apa saja yang didapatkan dalam program Aupair inilah yang membedakan. 

Saat ikut Aupair Jerman kamu akan tinggal bersama dengan host family dan merekalah yang akan menanggung biaya selama kamu hidup di Jerman. Kamu akan mendapatkan satu kamar tidur dan makan di meja yang sama. 

Ada beberapa hal yang akan membuat kamu nyaman seperti mendapatkan kursus bahasa Jerman, waktu liburan sendiri atau bersama dengan host family. Dengan begitu banyaknya keuntungan, kamu juga memiliki peran atau tanggung jawab yang harus dipenuhi. 

program aupair di Jerman

Tugas utama kamu adalah menjadi peran sebagai kakak dari anak-anak host family. Kamu akan bekerja maksimal 8 jam dari Senin hingga Jumat. Kamu akan membangunkan anak, mengantarkannya ke sekolah, membantu mengerjakan pr, menyiapkan makan siang, dll. 

Semua tanggung jawab hanya berkaitan dengan anak-anak tersebut bukan pekerjaan mengurus rumah secara penuh. Jadi sudah paham kan apa bedanya program Aupair dengan TKI. 

Kamu nantinya juga akan mendapatkan uang saku selama bekerja 6 bulan hingga 1 tahun. Besaran uang saku ini bervariasi tergantung dengan kesepakatan kontrak di awal. Begitu juga dengan tugas yang akan kamu jalani juga tergantung dengan kesepakatan yang dibuat. 

Bisa belajar bahasa dan tinggal di Jerman, hal inilah yang dimanfaatkan oleh anak muda Indonesia untuk akhirnya bisa kuliah di sana. Kamu akan lebih dekat dengan budaya Jerman, selain itu bisa belajar bahasa lebih cepat. 

Banyak informasi mengenai universitas yang bisa kamu dapatkan lebih detail. Jadi jika ingin mempersiapkan diri untuk mendaftar kuliah bisa juga dengan mengikuti Aupair Jerman terlebih dahulu. 

Persyaratan yang Harus Dilengkapi untuk Ikut Aupair

Bagaimana caranya agar kamu bisa bergabung dalam Aupair? Bukan hanya anak muda dari Indonesia saja yang tertarik dalam program ini. Beberapa negara Asia lainnya banyak juga yang masyarakatnya ikut berpartisipasi. 

Jadi kamu akan memiliki saingan lebih banyak, tapi jangan berkecil hati. Syarat yang dibutuhkan tidak terlalu berat dan kamu bisa melakukan persiapannya dari Indonesia.

Berikut ini beberapa syarat yang perlu kamu penuhi jika ingin menjadi Aupair.  

  • Syarat Usia

Aupair mengizinkan kamu yang berusia 18 tahun sampai 25 tahun untuk mendaftar. Jadi kamu yang baru saja lulus SMA dan memiliki keinginan untuk kerja di Jerman bisa ikut. 

Bahkan kamu yang mungkin saja lulus kuliah lebih awal juga masih punya kesempatan mendaftar. Itung-itung untuk persiapan supaya bisa S2 di Jerman kan. 

  • Syarat Kemampuan Bahasa

Bukan bahasa Inggris yang diperlukan, kamu harus memiliki keahlian berbahasa Jerman jika ingin mengikuti Aupair. Oleh karena itu sebagai persiapan kamu bisa mengikuti kursus bahasa Jerman terlebih dahulu di Indonesia. 

Kemampuanmu berbahasa Jerman nantinya akan terlihat ketika melakukan wawancara bersama dengan host family. Faktor ini jugalah yang biasanya menjadi pertimbangan utama, supaya kamu nggak salah paham dengan apa yang ditugaskan nantinya. 

  • Menyukai Anak-Anak

Tanggung jawab kamu nantinya akan menjadi kakak dari anak keluarga host, jadi apakah kamu menyukai anak-anak turut menjadi penilaian. Biasanya jika kamu memiliki pengalaman mengajar kelas anak-anak bisa diceritakan. 

Apalagi jika kamu memiliki pengalaman kerja di day care dan mendapatkan sertifikasi juga perlu disertakan. Hal ini akan menjadi nilai tambah untuk mendaftar nantinya jadi jangan sampai terlewatkan. 

Mudah bukan persyaratannya? Jika kamu berminat bisa kok mendaftar sekarang. 

Langkah Mudah Mengikuti Program Aupair

persyaratan untuk aupair

Jika semua persyaratannya sudah lengkap, lantas hal apa yang harus kamu lakukan? Kamu bisa mendaftar ke website au pair yang telah tersedia. Contohnya seperti aupairworld.com, kamu tinggal mendaftar dan menunggu. 

Berikut ini langkah mudah yang bisa kamu ikuti. 

  • Membuat akun di website aupairwolrd.com

Pertama kamu harus memiliki akun di website tersebut. Caranya tidak jauh berbeda seperti sedang ingin melamar pekerjaan melalui situs loker. Hanya perlu mengakses website, membuat akun baru dan melengkapi biodatamu. 

  • Memilih negara tujuan

Nah yang paling penting adalah menentukan tujuan negara di mana kamu ingin ikuti Aupair. Di website ini ada banyak negara tujuan Aupair yang bisa dipilih. Kamu bahkan bisa memilih lebih dari satu dan bukan hanya Jerman saja. 

  • Mencari host family 

Selanjutnya adalah mencari host family yang ada di dalam website. Kamu tinggal memilih kira-kira mana saja host family yang cocok dan jika berhasil kamu akan langsung dihubungi oleh mereka. Tentunya melalui sistem dalam website, jadi harus rajin untuk membukanya. 

  • Wawancara

Kamu akan melakukan wawancara dengan host family sesuai dengan waktu yang telah disepakati. Biasanya wawancara tidak dilakukan terlalu formal namun lebih untuk mengenal satu sama lain dengan lebih akrab dan melihat kecocokan. 

  • Tandatangan Kontrak 

Jika dari sesi wawancara host family cocok dengan kriteria yang kamu miliki maka akan langsung diajukan kontrak. Kamu perlu membaca ulang dan teliti sebelum tandatangan pastikan semua kebutuhan kamu selama di sana sudah terpenuhi. 

Usai tantangan kontrak kamu bisa mempersiapkan diri untuk berangkat. Mulai dari membeli tiket pesawat hingga mengurus visa.

Sekianlah informasi mengenai Aupair Jerman dan apabila Kamu berminat untuk mendaftar maka bisa mnegikuti persiapan Aupair Jerman di Westwork.id.