Ausbildung, Program Kuliah sambil Kerja di Jerman

Keinginan untuk bisa bekerja atau kuliah di luar negeri kini bukan hanya sekedar angan-angan yang sulit untuk diwujudkan. Kamu yang ingin meningkatkan taraf hidup bisa kok ikutan Ausbildung Jerman. 

Apa itu Ausbildung dan apa saja keuntungan yang akan didapatkan jika mengikutinya? Bagi kamu yang ingin mendapatkan pengalaman lebih luas, Ausbildung jadi pilihan tepat. Supaya tak salah info, berikut ini ulasan lengkap mengenai programnya. 

Mengenal lebih Dekat dengan Ausbildung Jerman

Bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri tapi bingung soal biasanya, memilih program kuliah sambil kerja bisa jadi solusinya. Selama kamu kuliah akan ada gaji yang didapatkan karena status kamu menjadi pegawai magang yang mendapatkan upah. 

Enak sekali bukan mengikuti program ini? Bernama Ausbildung yang merupakan program pendidikan serta pelatihan profesi yang diadakan selama tiga tahun di negara Jerman. Program ini diadakan karena di Jerman masih banyak dibutuhkan tenaga pada profesi tertentu. 

Disisi lain mahasiswa lulusan universitas masih belum memiliki pengalaman bekerja yang lebih banyak. Padahal perusahaan yang berdiri membutuhkan tenaga berpengalaman. Oleh karena itulah dibuat program ini yang mampu memenuhi kebutuhan SDM. 

Jika di Indonesia, program ini sama seperti sekolah vokasi atau setara dengan D3. Ada sederet keuntungan yang ditawarkan jika kamu mengikuti program ini. Pertama, porsi antara teori dan praktek lebih banyak praktek di lapangan. 

Kamu akan lebih lancar dalam bekerja dan tidak pusing lagi ketika nanti terjun ke dunia kerja. Kedua adalah sertifikasi yang didapatkan setelah lulus bisa digunakan untuk melamar ke perusahaan di seluruh dunia. 

Ketiga, kamu masih bisa melanjutkan kuliah di Universitas setelah lulus. Bagaimana, dengan segudang keuntungannya apakah kamu masih ragu untuk mendaftar di program ini? 

Pada tahun pertama, kamu akan belajar mengenai dasar-dasar seperti bahasa Jerman serta matematika atau tergantung jurusan yang diambil. Kemudian dua pertiga sisa waktunya akan dihabiskan bekerja. 

Untungnya lagi gaji yang akan didapatkan besarannya akan meningkat menyesuaikan lama waktu mengikuti program. Jadi setiap tahunnya ketika naik tingkat penghasilan yang didapatkan juga naik. 

Satu hal yang pasti, selama liburan kamu nggak akan pernah bosan. Karena Jerman terkenal dengan aneka tempat wisata menarik dan mudah untuk didatangi. Jadi tak perlu menunggu terlalu lama lagi jika kamu berminat mengikutinya. 

Pilihan Jurusan untuk Kamu Asal Indonesia 

jurusan kuliah

Nantinya kamu akan disebut dengan Azubi atau calon tenaga ahli yang akan dibimbing oleh beberapa pelatih. Supaya kamu bisa berhasil masuk ke program ini ada tes masuk yang harus dilalui terlebih dahulu. 

Ujiannya sendiri termasuk tingkat nasional dan kamu bisa mempersiapkannya jauh-jauh hari. Sebelum ikuti ujian, kamu terlebih dahulu harus memilih jurusan apa yang diminati. 

Secara umum jurusan Ausbildung itu ratusan jumlahnya, hanya saja  beberapa jurusan seperti keuangan, konstruksi, bahasa, IT biasanya diutamakan untuk masyarakat Jerman. Namun kamu nggak perlu khawatir karena untuk orang Indonesia ada juga jurusan terbaiknya. 

Beberapa jurusan yang dibuka adalah sebagai berikut:

  • Perhotelan

Pada bidang ini ada dua jenis jurusan yang dibuka yaitu hotel ekspert dan hotel manager. Program dibuka selama tiga tahun untuk setiap murid dan akan belajar dari dasar-dasar perhotelan. 

Bagi kamu yang memilih hotel ekspert akan mempelajari semua hal dasar tentang perhotelan seperti resepsionis, pelayanan restoran dan juga kamar. Sedangkan untuk manajemen hotel akan mempelajari tentang pembukuan, staf dan stok. 

Beberapa mata kuliah yang akan diajarkan antara lain seperti bahasa Jerman dan Inggris serta matematika untuk membantu soal pembukuan dan kasir. 

  • Resort 

Ada juga jurusan yang akan membantumu belajar sebagai event organizer. Program ini juga dijalankan selama tiga tahun dan mirip dengan hotel. Hanya saja kamu akan lebih khusus belajar tentang pengelolaan acara tertentu. 

Contohnya bagaimana membuat acara untuk ulang tahun atau acara resmi pernikahan dan sejenisnya. 

  • Restoran

Bagi kamu yang memilih bidang ini nantinya akan menjadi seorang spesialis restoran. Selama tiga tahun ada banyak hal yang dipelajari seperti bagaimana cara mendekorasi meja, menyambut tamu, menerima pesanan dan memberikan rekomendasi menu. 

Kamu akan belajar bagaimana cara menyajikan hidangan dan membuat tagihan atau bill. Diajarkan juga materi mengenai bagaimana cara untuk mempersiapkan event khusus di restoran. 

Walaupun kelihatannya mudah, kamu akan belajar tentang bahasa Jerman dan Inggris serta matematika lho. 

  • Keperawatan

Bidang yang dimaksud ini bukanlah dalam medical melainkan perawat yang akan mengasuh lansia atau anak-anak. Kamu akan menjadi perawat bagi lansia, memberikan motivasi sampai konseling. 

Tugas utamamu nantinya adalah supaya bisa membantu mereka yang membutuhkan menjalani aktivitasnya sehari-hari. Kamu juga harus membantu lansia meminumkan obat dan aktivitas lainnya. 

Biasanya jurusan ini yang akan memberikan pendapatan lebih besar dibandingkan jurusan lainnya. Karena itu orang yang berminat pada jurusan ini lebih banyak. Selama tiga tahun belajar ada banyak materi sekaligus praktek keperawatan yang akan diajarkan. 

  • Teknik Mesin 

Selain keperawatan, masih ada bidang teknik yang dibuka untuk orang asing di Jerman yaitu teknik mesin. Kamu akan mempelajari bagaimana cara untuk memperbaiki dan merawat mesin di pabrik. 

Setiap mesin di pabrik yang selalu dioperasikan membutuhkan engineering sehingga mesin dapat beroperasi dengan baik. Nah tanggung jawab inilah yang akan kamu peklajari selama kuliah dan praktek. 

Persyaratan Mendaftar Program Ausbildung Jerman 

Jika ingin mengikuti program ini tentu saja kamu harus mempersiapkan semua persyaratannya dengan lengkap. Karena akan ada tes yang akan menjamin kamu masuk atau tidak. 

Berikut ini beberapa persyaratan utama yang wajib diperhatikan jika ingin mendaftar. 

  • Menguasai Bahasa Jerman

Sebagai dasar kamu harus menguasai bahasa Jerman, karena kamu akan belajar di tempat asing tentu saja bahasa menjadi hal utama yang dibutuhkan. Untuk bahasa Jerman yang jadi syaratnya adalah sampai mendapat sertifikasi dari ujian B1. 

Untungnya soal persiapan bahasa ini kamu bisa melakukannya beberapa bulan sebelumnya di Indonesia. Dengan mengikuti kursus bahasa Jerman sampai dengan ujian Goethe Institut untuk mendapatkan sertifikasi bahasa Jerman. 

  • Syarat Dokumen 

Selain sertifikasi bahasa, ada beberapa dokumen lainnya yang juga harus dikumpulkan. Seperti dokumen ijazah SMA atau setara yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Jerman bersertifikasi. 

Pastikan dalam ijazah dan transkrip nilai kamu memenuhi syarat nilai yang dibutuhkan sesuai jurusan yang didaftar. 

  • Surat Motivasi

Tak ketinggalan juga yaitu kamu harus membuat surat motivasi dalam bahasa Jerman yang menceritakan pengalaman serta minta. Kamu bisa menceritakan tentang visi dan misi ke depannya yang bisa memberikan nilai tambah. 

  • Persyaratan Usia

Ada lagi yang harus dipersiapkan adalah soal usia. Program ini dibuka untuk usia 18 sampai 35 tahun hanya saja ada beberapa rentang usia yang memiliki syarat berbeda. 

Khusus untuk kamu yang usianya 18 sampai 25 tahun hanya perlu menyertakan dokumen berupa transkrip dan ijazah saja. Namun jika kamu berusia lebih dari 25 tahun harus menambahkan surat pengalaman kerja. 

Tentu saja surat pengalaman ini harus sesuai dengan jurusan yang dipilih. Karena akan menjadi penilaian seberapa seriusnya kamu memilih jurusan tersebut. 

Tahapan Pendaftaran Ausbildung yang akan Kamu Lalui

program ausbildung

Usai memenuhi semua persyaratannya, masih ada beberapa tahapan hingga akhirnya kamu bisa kuliah sambil kerja di Jerman. Tahapan ini yang wajib dipahami sebelum akhirnya mendaftar sehingga kamu tidak ketinggalan satu step nantinya. 

  • Belajar bahasa Jerman

Semua selalu dimulai dengan mempelajari bahasa Jerman bahkan jika kamu sedang mempersiapkan diri untuk mendaftar kuliah di sana. Kamu harus belajar setidaknya enam bulan sebelum mendaftar. 

  • Memilih Ausbildung dan mendaftar

Selanjutnya adalah memilih jurusan apa yang diminati dan memenuhi semua persyaratannya dalam bentuk dokumen. 

  • Melakukan Interview

Kamu akan menjalani interview jika seleksi berkas dokumen lolos seleksi. Wawancara biasanya dilakukan jarak jauh sehingga kamu tak perlu datang langsung ke Jerman.

  • Tandatangan Kontrak

Jika dari hasil wawancara akhirnya kamu dinyatakan diterima, maka akan langsung mendapatkan kontrak. kamu perlu membaca ulang dengan teliti kontrak ini dan mengirimkan kembali sesuai dengan batas waktu yang ditentukan. 

  • Membeli Tiket Pesawat

Kontrak Ausbildung sudah dikirim, artinya kamu sudah mendapatkan jadwal kapan tahun ajaran baru dimulai. Dari sini kamu bisa langsung membeli tiket pesawat dan jangan terlalu mepet dengan pendaftaran ulang di sana. 

  • Mengurus Visa

Kamu sudah mendapatkan kontrak dan membeli tiket pesawat, sisanya tinggal mengurus visa untuk ikuti program saja. Biasanya pengurusan visa bisa berlangsung selama satu bulan, jadi setelah mendapatkan kontrak sebaiknya siapkan berkas kepengurusannya. 

  • Berangkat ke Jerman dan belajar

Visa sudah diurus dan tiket pesawat sudah di tangan, kamu tingga berangkat ke Jerman. Jangan lupa sebelum berangkat carilah tempat tinggal sementara di sana. Kini sudah zamannya online, tentu saja kamu tidak akan kesulitan mencarinya. 

Ikuti program Ausbildung atau program Aupair akan membuat kamu jadi lebih berpengalaman di bidang yang dipilih. Pastikan untuk selalu berprestasi selama kamu mengikuti program ini tiga tahun ya.