Kerja di Jerman Melalui WestWork

Bekerja di luar negeri kini tidak sesulit yang dibayangkan. Lowongan pekerjaan dari negara lain kini sangat mudah ditemukan secara online, termasuk dari negara Jerman. Bagi kamu yang tertarik kerja di Jerman sudahkah menyiapkan semua persyaratannya? 

Sebelum membeli tiket pesawat ada beberapa persiapan yang harus diikuti. Apa saja itu? Supaya tak salah kamu bisa mencari tahunya di sini. 

Mengapa Memilih Kerja di Jerman?

Apa alasan kamu mencari lowongan kerja di Jerman? Sebagian besar alasannya tentu karena ingin mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi. Namun sebenarnya masih banyak alasan yang membuat banyak orang Indonesia tertarik bekerja di Jerman. 

Jika kamu masih mempertimbangkan negara mana yang sebaiknya dipilih untuk menapaki karir, berikut ini alasan mengapa harus memilih Jerman. 

  1. Jam Kerja yang Lebih Leluasa

Siapa pekerja yang tak ingin mendapatkan waktu kerja fleksibel? Ada waktu libur yang lebih panjang, inilah yang akan kamu dapatkan jika kerja di Jerman. Pemerintah Jerman menerapkan aturan waktu kerja yang lebih pendek. 

Setiap pekerja akan bekerja dari hari Senin sampai Jumat dan hari Minggu adalah hari libur umum. Sedangkan usia orang yang diperbolehkan bekerja adalah mulai dari 18 tahun, karena usia di bawahnya memiliki bahaya baik fisik dan mental. 

  1. Beragam Jenis Pekerjaan Tersedia

Jerman adalah negara yang memiliki lapangan pekerjaan lebih luas. Baik itu bagi warga lokal dan juga internasional. Mereka terbuka bagi warga asing yang memiliki kompetensi di bidangnya dan ingin bekerja di Jerman. 

Hampir setiap jenis bisnis di Jerman membuka peluang bagi warga negara asing. Apalagi setiap tahunnya pendapatan masyarakat Jerman terus bertambah. Dilihat dari hal ini, maka peluang bekerja masih terbuka lebar. 

  1. Bekerja dengan Lebih Disiplin

Bekerja di Jerman akan membuat seseorang menjadi lebih disiplin lagi. Sebagai negara maju, masyarakat jerman memiliki banyak kebiasaan soal tepat waktu dan menikmati waktu liburan dengan baik. 

Tak ada perusahaan yang akan menghubungi karyawannya pada saat sedang libur atau sakit. Ketika kamu mengalami sakit maka akan dipaksa untuk mengambil cuti agar bisa periksa dan beristirahat. 

  1. Fasilitas Memadai untuk Pekerja

Semua pekerja di Jerman mendapatkan perlindungan yang lebih baik dari hukum. Contohnya saja fasilitas soal cuti, pekerja wanita akan mendapatkan cuti melahirkan dalam waktu yang lebih panjang bahkan sampai satu tahun. 

Adanya fasilitas perlindungan ini, membuat perusahaan selalu mengoptimalkan kebutuhan karyawannya. Contohnya saja untuk para pekerja konstruksi, semua peralatan keamanan kerja selalu dicek dengan baik sehingga resiko kecelakaan yang terjadi sangat rendah.

  1. Tempat Liburan yang Banyak

Selama tinggal di Jerman untuk bekerja, kamu akan lebih leluasa untuk menikmati waktu liburan. Pasalnya di Jerman ada begitu banyak tempat wisata, mulai dari museum, pantai, pegunungan hingga tempat menarik lainnya. 

Belum lagi perjalanan yang ditempuh untuk mencapai daerah wisata tidak terlalu lama dan jauh. Inilah yang membuat banyak orang betah bekerja di Jerman. 

Persiapan untuk Kerja di Jerman

persiapan kerja

Menengok dari kelebihan bekerja di Jerman tersebut, tentu siapa saja pasti tertarik. Tapi jangan terburu-buru untuk mendaftar. Kamu sebagai calon pekerja di Jerman harus tahu hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan. 

Sebelum berangkat atau sebelum kamu melamar pekerjaan, tentunya harus ada persiapan yang harus dilakukan. Beberapa persiapan berikut ini akan memperlancar pencarian pekerjaan sampai keberangkatan ke Jerman. 

  1. Belajar Bahasa Jerman

Kemampuan bahasa adalah dasar yang harus kamu kuasai untuk bisa kerja di Jerman. Bagi kamu yang mungkin saat ini belum paham sama sekali bisa untuk mulai belajar. Cobalah untuk mengenal kosakata bahasa Jerman dan mengucapkannya. 

Hafalkan kosakata yang paling banyak digunakan. Walaupun nantinya kamu akan belajar bahasa sambil bekerja, tetapi setidaknya bahasa dasar harus mahir. Jika merasa kesulitan untuk belajar sendiri kamu bisa mengikuti kursus bahasa Jerman

  1. Mencari Info Lowongan

Sekarang sudah zamannya internet, kamu bisa dengan mudah mencari berbagai lowongan kerja di negara Jerman. Cobalah untuk mencari sumber lowongan yang terpercaya. Kamu bisa mencarinya di beberapa web official pemerintah Jerman. 

Kamu juga mengunjungi situs perusahaan di Jerman yang resmi, mereka biasanya juga membuka informasi lowongan di sana. Sebelumnya kamu harus yakin terlebih dahulu jenis karir seperti apa yang diminati. 

  1. Membuat Paspor dan Visa

Ketika kamu sudah diterima dari salah satu perusahaan maka membuat paspor dan visa adalah suatu keharusan. Kamu bisa memulainya dengan membuat paspor terlebih dahulu karena bisa dilakukan langsung di daerah tempat tinggal. 

Sedangkan visa perlu diurus langsung ke kedutaan Jerman di Jakarta jadi lebih baik buatlah usai kamu diterima kerja. Jangan lupa untuk memenuhi semua persyaratan paspor dan visa supaya berkasnya lekas jadi. 

  1. Siapkan Daftar Riwayat Hidup dan Surat Motivasi

Ada dua jenis berkas yang harus kamu siapkan sebelumnya yaitu daftar riwayat hidup dan juga surat motivasi. Semua cara kerja di Jerman yang harus diikuti selalu menyertakan kedua berkas ini untuk melamar pekerjaan, bahkan ketika mendaftar kuliah. 

Tulislah dalam bahasa Jerman dan semenarik mungkin khususnya untuk surat motivasi. Kamu harus menjelaskan apa yang membuatmu tertarik dengan program kerja tersebut. Alasan yang kamu tulis nantinya akan menentukan apakah kamu akan lolos. 

  1. Memperbanyak Pengalaman

kebanyakan lowongan kerja di Jerman mengharuskan pelamarnya untuk memiliki pengalaman. Oleh karena itu bagi kamu yang tertarik kerja di sana, sebaiknya perbanyak pengalaman magang selama masih di Indonesia. 

Pastikan pengalaman yang kamu cantumkan nantinya sesuai dengan posisi yang dilamar. Kamu akan mendapatkan nilai plus dari tempat yang kamu lamar. 

3 Jenis Pekerjaan Pilihan di Jerman 

bekerja dengan laptop

Selama mempersiapkan diri dari belajar bahasa dan membuat surat motivasi, jangan pernah lelah untuk mencari jenis pekerjaan di Jerman. Setiap harinya selalu ada peluang yang datang, keempat jenis pekerjaan ini bisa jadi pilihanmu. 

  1. Ausbildung

Program Ausbildung sebenarnya adalah belajar sambil bekerja. Kesempatan yang banyak diambil oleh masyarakat Indonesia. Kamu akan mengikuti training sesuai bidang yang diambil, usai belajar teori kamu akan bekerja langsung di perusahaan sebagai anak magang. 

Hanya saja di program ini kamu akan mendapatkan gaji yang cukup untuk hidup selama di Jerman. Usai lulus program ini kamu akan mendapatkan sertifikat yang bisa digunakan melamar ke perusahaan seluruh dunia. 

  1. Aupair

Bagi kamu yang ingin belajar bahasa Jerman dan budayanya secara mendalam sebaiknya memilih program Aupair. Nantinya kamu akan bekerja untuk mengasuh anak dari keluarga di Jerman. Kamu akan mendapatkan penghasilan, waktu libur dan belajar bahasa Jerman. 

Kebanyakan mahasiswa memilih program ini karena akan menjamin biaya hidup selama di Jerman. Kamu hanya perlu memilih keluarga yang cocok nantinya. 

  1. Freiwilliges Soziales Jahr

Disingkat juga sebagai FSJ, merupakan pekerjaan sosial tapi kamu akan tetap mendapatkan penghasilan. Pekerjaan sosialnya antara lain adalah menjadi pengasuh di panti jompo atau panti asuhan. 

Kamu akan menjadi perawat tetapi bukan fokus ke arah medis. Di antara semua jenis pekerjaan, FSJ ini akan membuatmu mendapatkan penghasilan lebih. Kamu juga akan mendapatkan seminar atau workshop yang menambah ilmu. 

Biasanya program FSJ dibuka untuk orang asing dan berjalan selama satu tahun. Syarat utamanya yang banyak jadi bahan pertimbangan adalah pengalaman kamu merawat. Nah dari sini kamu seharusnya sudah mempersiapkan pengalaman dengan baik. 

Mau kerja di Jerman tentu harus dengan usaha yang gigih, karena sesampainya di sana kamu akan bekerja dengan lebih disiplin lagi. Namun tidak masalah, karena usaha yang kamu lakukan tentu akan membuahkan hasil.