Bukan hanya Inggris dan Amerika saja yang jadi tempat favorit untuk melanjutkan studi. Perguruan tinggi di Australia ternyata juga menjadi banyak incaran mahasiswa Indonesia. Apakah kamu salah satunya? 

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

 

Supaya bisa kuliah di Australia kamu harus menentukan jurusan, mengetahui syarat dan biaya serta cara pendaftarannya. Mengetahui informasi ini akan meningkatkan peluang kamu untuk bisa diterima di universitas idaman. 

 

Pilihan Jurusan Kuliah di Australia Paling Favorit 

 

Jurusan Kuliah di Australia

Alasan mengapa Australia menjadi negara tujuan setelah Amerika dan Inggris bukan karena dekat dengan Indonesia. Pertama karena mutu pendidikannya telah diakui secara internasional. 

 

Kedua, biaya studi yang kompetitif serta pelajar internasional mendapat perlindungan secara khusus. Tidak heran bahwa sampai sekarang ada 2,5 juta mahasiswa internasional yang sudah lulus dan kembali ke negara asal setelah belajar di Australia. 

 

Selain itu banyak perguruan tinggi di Australia yang terkenal dan sering menjadi pilihan utama untuk melanjutkan pendidikan. 

 

Beberapa universitas yang terkenal antara lain seperti University Melbourne, University Sydney, University Monash, University Queensland dan masih banyak lagi. 

 

Masing-masing universitas memiliki banyak jurusan untuk dipilih, beberapa adalah jurusan unggulan. Pemilihan jurusan adalah tahap awal ketika kamu ingin kuliah di Australia. Sebagai informasi, berikut ini jurusan favorit yang biasa dipilih. 

 

  • Pendidikan

Jurusan pendidikan ternyata tidak luput dari perhatian, bahkan di Australia sendiri jurusan ini cukup terkenal. Universitas di Australia memberikan pengajaran yang merupakann perpaduan antara perkuliahan biasa, praktik dan juga penelitian. 

 

Ada banyak pilihan jurusan yang nantinya meluluskan mahasiswa untuk bisa mengajar di sekolah dasar, sekolah menengah dan pendidikan usia dini. Bahkan ada juga jurusan untuk pendidikan anak berkebutuhan khusus. 

 

Beberapa universitas yang terkenal dengan jurusan pendidikan adalah Universitas Monash, Universitas Deakin, University Melbourne. 

 

  • Bisnis dan Manajemen 

Gelar MBA sampai saat ini masih banyak peminat yang ingin mendapatkannya. Demi mendapatkan gelar ini banyak yang melanjutkan studi S2 di Australia. Jika kuliah bisnis di Australia kamu bisa mengetahui perspektif perkembangan bisnis di Asia Pasifik. 

 

Berbekal wawasan tersebut, kamu bisa dengan lebih mudah untuk mengembangkan bisnis ketika pulang ke Indonesia. Australia memiliki universitas terkenal dalam jurusan bisnis yaitu Universitas New South Wales, Universitas Sydney, dan Australian National University. 

 

  • Kedokteran 

Ternyata tidak hanya Jerman dan Amerika saja yang jurusan kedokterannya terkenal tetapi juga Australia. Dibutuhkan waktu 5 hingga 6 tahun untuk menyelesaikan kuliah kedokteran di sana. 

 

Usai lulus, nantinya kamu bisa membuka praktek secara klinis mandiri atau bekerja di rumah sakit. Apalagi jurusan kedokteran di Australia sudah diakui secara internasional. Kamu tidak perlu khawatir hanya bisa bekerja di Indonesia saja. 

 

Jurusan kedokteran yang terkenal ada di Universitas Queensland, Universitas Melbourne, University Monash dan Universitas New South Wales. Jika kamu ingin kuliah di Australia jurusan kedokteran bisa pilih universitas tersebut. 

 

  • Ilmu Lingkungan 

Jurusan kuliah di Australia yang lainnya adalah ilmu lingkungan, untuk mendapatkan gelar bachelor, perlu kuliah 3 hingga 4 tahun di sana. Jurusan ini akan mempelajari soal ilmu alam sekaligus ilmu sosial. 

 

Bidang ilmu ini cukup diminati dan universitas yang menyelenggarakannya sudah melengkapi fasilitas seperti laboratorium. Jika tertarik dengan jurusan ini, kamu bisa mendaftar di Universitas Melbourne, Australia National University atau Universitas Monash. 

 

  • Seni dan Desain

Siapa sangka bahwa Australia juga menjadi tempat institusi seni terbaik di dunia. Jadi jika ingin belajar seni dan desain tujuannya bukan hanya Eropa saja. 

 

Ada banyak seni yang bisa kamu pelajari di Australia seperti seni pertunjukan, seni visual, seni desain dan kajian grafis.

 

 Jika kamu berminat untuk mempelajari jurusan seni dan desain, pilih beberapa universitas terkenal seperti University Technology Sydney atau Universitas New South Wales. 

 

Persyaratan Kuliah di Australia yang Wajib Dipenuhi

Persyaratan Kuliah di Australia

Sudah tidak sabar mendaftar di universitas yang kamu inginkan? Jangan buru-buru, supaya bisa berhasil diterima kamu perlu melengkapi semua persyaratannya. 

 

Ada banyak syarat kuliah di Australia yang wajib dipenuhi untuk meningkatkan kemungkinan berhasil diterima. Jadi kamu bukan sekedar mendaftar kuliah, mengikuti ujian dan langsung diterima begitu saja. 

 

Perbedaan negara membuat kamu harus memenuhi persyaratan tambahan lain. Seperti apa persyaratannya bisa diikuti berikut ini. 

 

  • Kemampuan Bahasa Inggris 

Syarat utama yang dibutuhkan untuk mendaftar kuliah dan pengajuan adalah bahasa Inggris. Kemampuanmu dalam berkomunikasi ini akan jadi penentu besar apakah berhasil diterima. 

 

Tentu saja kemampuan ini harus dibuktikan dengan serangkaian tes dan hasilnya dalam bentuk sertifikasi. Ada beberapa jenis tes yang bisa kamu pilih seperti IELTS atau TOEFL. 

 

Pemilihan tes ini bisa disesuaikan dengan syarat sertifikat bahasa yang dimiliki oleh universitas tujuan kuliah. Jadi sebelum mendaftar ada baiknya kamu belajar bahasa beberapa tahun sebelumnya hingga mahir. 

 

Masing-masing jenis tes tersebut memiliki skor standar yang menandakan tingkat kemahiran berbahasa Inggris. Contohnya saja untuk IELTS biasanya membutuhkan skor minimal 5,5. 

 

Sedangkan untuk TOEFL paper based skor yang dibutuhkan adalah 527. Selama kamu bisa memenuhi salah satu dari tes ini akan mudah proses pendaftaran nantinya. 

 

  • Persyaratan Akademik 

Ada juga syarat kuliah di Australia yang berhubungan dengan akademik. Syarat ini dipergunakan khusus untuk mendaftar ke perguruan tinggi. 

 

Masing-masing universitas biasanya memiliki syarat berbeda begitu juga disesuaikan dengan jurusannya. Jadi akan lebih baik untuk mencari informasi dari website resmi dari setiap universitas yang masuk daftar pilih. 

 

Hanya saja masih ada beberapa persyaratan umum yang bisa dipersiapkan sejak awal seperti nilai dari yang dimiliki dari pendidikan sebelumnya. Khusus untuk yang melanjutkan ke pendidikan kejuruan maka dibutuhkan mata pelajaran tertentu untuk dikuasai. 

 

Sedangkan jika mendaftar ke program sarjana maka dibutuhkan Sertifikat menengah Senior Australia (12 tahun). Syarat ini setara dengan SMA internasional bahkan ada juga yang mensyaratkan penguasaan di mata pelajaran tertentu. 

 

Bagi kamu yang mendaftar ke program pascasarjana maka dibutuhkan pengalaman kerja atau penelitian yang relevan sesuai jurusan. 

 

Persyaratan akademik ini harus dikumpulkan sesuai pembukaan semester baru dengan tenggat waktu pengumpulan yang telah dijelaskan. 

 

  • Persyaratan Visa Pelajar

Ketika ingin kuliah di Australia kamu juga harus mempersiapkan visa dan mengajukannya sebelum berangkat. Tanpa visa kamu akan ditolak pihak imigrasi dan terancam dideportasi setibanya di bandara. 

 

Syarat untuk mengajukan visa pun cukup banyak dan sebaiknya diurus satu bulan sebelum keberangkatan. Berikut ini beberapa syarat yang harus diserahkan pada kedubes Australia. 

 

  • Formulir permohonan visa yang bisa diunduh di website atau diambil di kedubes Australia kemudian diisi dan diserahkan kembali. 
  • Pas foto 4X6
  • Paspor yang masa berlakunya lebih dari 7 bulan saat kamu masuk ke Australia. 
  • Konfirmasi penerimaan mahasiswa atau pendaftaran di universitas.
  • Sertifikat tes bahasa Inggris IELTS atau TOEFL
  • Dokumen akademis lainnya atau surat pengalaman kerja. 
  • Memberikan bukti asuransi kesehatan (Overseas Student Health Cover)
  • Bukti kemampuan keuangan yang merupakan rekening koran. 

 

Semua persyaratan ini harus diserahkan sendiri dan kamu perlu mengikuti wawancara untuk memperoleh visa. Begitu pula ketika visa disetujui juga harus diambil sendiri. 

 

Jangan lupa untuk siapkan uang untuk mengurus visa yang jumlahnya sebesar AUD 570 atau sebesar 5,7 juta rupiah. 

 

Perkiraan Biaya Kuliah dan Hidup di Australia 

Perkiraan Biaya Kuliah dan Hidup di Australia 

 

Bukan hanya persyaratan saja yang harus kamu persiapkan tetapi juga sial biaya kuliah hingga akomodasi selama di sana. Seperti apa biaya yang harus dipersiapkan bisa disimak berikut ini. 

 

  • Perkiraan Biaya Kuliah di Australia 

Setiap universitas menetapkan biaya berbeda baik dari jenis universitas beserta jurusannya. Contohnya kuliah jurusan kedokteran paling mahal dibandingkan jurusan lainnya. 

 

Biaya kuliah di universitas negeri di Australia rata-rata adalah AUD 20.000 setahunnya. Soal rincian lebih lengkapnya bisa disimak berikut ini:

 

  • Biaya sekolah tingkat menengah sampai atas memulai dari  AUD 7.800 hingga AUD 30.000 tiap tahunnya. 
  • Biaya studi bahasa Inggris (kursus) yaitu AUD 300 untuk per minggu. 
  • Biaya pelatihan kejuruan (D1 hingga D4) yaitu AUD  4.000 hingga AUD  22.000 per tahunnya. 
  • Biaya kuliah untuk gelar sarjana adalah AUD  15.000 hingga AUD  33.000 per tahunnya. 
  • Biaya kuliah untuk gelar Magister adalah AUD  20.000 hingga AUD 37.000 setiap tahunnya. 
  • Biaya kuliah untuk gelar Doktor adalah AUD 14.000 hingga 37.000 per tahunnya. 

 

Di antara semua jurusan, humaniora dan pendidikan serta seni adalah yang paling murah. Biaya kuliah di Australia memang bervariasi, jika kamu ingin menutup semua biaya ini bisa dengan mencari beasiswa. 

 

Baik itu pemerintah Australia – Indonesia selalu menyediakan beasiswa begitu juga dengan universitas yang dituju. Besaran beasiswa ini berbeda-beda, bisa mengcover semua biaya kuliah sampai dengan akomodasi. 

 

Ada juga beasiswa yang hanya memenuhi biaya kuliah saja, jika ini kasusnya kamu masih bisa bekerja paruh waktu. Mahasiswa internasional di Australia mendapatkan izin untuk bisa bekerja paruh waktu dengan ketentuan 40 jam per minggu. 

 

Bisa juga bekerja full time ketika masa liburan, jika kamu tidak pulang ke Indonesia. Keleluasaan untuk bisa bekerja ini tentunya memudahkan kamu untuk memperoleh biaya tambahan baik itu demi keperluan akomodasi maupun uang untuk kebutuhan lainnya.  

 

  • Biaya Akomodasi di Australia 

Selama kuliah di Australia kamu juga harus memikirkan soal biaya akomodasi yang sangat penting. Khusus pelajar internasional yang berusia di bawah 18 tahun akomodasi harus diatur oleh wali atau orang tua. 

 

Namun jika kamu sudah lepas dari usia tersebut maka pencarian akomodasi bisa dilakukan secara mandiri. Ada tiga pilihan tempat tinggal yang bisa dipilih, pertama adalah menggunakan asrama di kampus. 

 

Hanya saja perlu pendaftaran dan berhasil untuk bisa tinggal. Jika beruntung kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar AUD 230 hingga AUD  400 per minggunya. Beberapa asrama sudah menyiapkan makanan jadi kamu tak perlu bingung mencari makan di luar. 

 

Pilihan kedua adalah menyewa apartemen atau rumah dengan besaran biaya AUD  350 hingga AUD 550 per minggunya. Jika kamu menyewa bersama teman maka biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih hemat. 

 

Pilihan ketiga adalah tinggal dengan keluarga di Australia seperti homestay. Biayanya lebih murah yaitu AUD  250 sampai AUD 360 per minggunya. Biaya tersebut sudah termasuk makan. 

 

  • Biaya Visa Pelajar 

Tidak lupa, untuk memasukan biaya untuk pembuatan visa pelajar, baik itu pertama kali dan perpanjangannya ketika visa habis. Biaya yang dibebankan kurang lebih sama sekitar AUD 570. 

 

  • Biaya Asuransi 

Asuransi pelajar internasional juga jadi syarat wajib untuk dipenuhi dan kamu perlu membayarnya secara pribadi. Biaya asuransi ini adalah sekitar AUD 575 dan harus dipenuhi setiap tahunnya. 

 

Asuransi ini akan meringankan beban kamu ketika mengalami sakit dan harus membayar semua biaya pengobatannya. 

 

  • Biaya Hidup Lainnya 

Masih banyak biaya tambahan lainnya yang harus dipenuhi sehingga kamu harus memiliki tabungan lainnya. Biaya lain ini akan digunakan untuk komunikasi seperti kuota internet yang biasanya harganya AUD  150 untuk tiga bulan. 

 

masih ada biaya untuk makan sebesar AUD 180 untuk dua minggu jika tinggal di apartemen. Siapkan juga uang untuk buku serta persediaan untuk belajar lainnya. Serta biaya untuk laundry, membeli pakaian, perlengkapan mandi dan lainnya. 

 

Tak ketinggalan adalah biaya transportasi, di mana kamu bisa berlangganan kartu untuk transportasi umum seperti bus atau kereta. Biayanya sendiri biasanya dibayar per bulan. 

 

Biaya untuk kuliah di Australia ini yang paling bisa ditekan adalah kebutuhan lainnya karena menyesuaikan gaya hidup. Jika kamu lebih suka makan di luar terlebih di restoran tentu biaya akan semakin mahal. 

 

Cara Mendaftar agar Berhasil Kuliah di Australia

Cara Mendaftar agar Berhasil Kuliah di Australia

Kamu mungkin sudah menentukan jurusan apa yang hendak dipilih serta universitas terpopuler yang masuk daftar pilih. Namun apa yang harus dilakukan agar benar-benar langsung berhasil kuliah di sana? 

 

Kuncinya adalah pada tahapan pendaftaran yang benar. Ada beberapa cara mendaftar yang akan memastikan kamu agar bisa berhasil. Cari tahu beberapa caranya berikut ini. 

 

  • Memilih Jurusan Baru Universitas

Sebelum melakukan pendaftaran, kamu harus memilih jurusan yang diminati sesuai bakat baru menentukan universitas. Ketika kamu sudah menentukan kedua hal ini sejak awal, maka akan lebih mudah untuk fokus memenuhi persyaratannya. 

 

Berbeda jika kamu harus membandingkan banyak universitas, apalagi perguruan tinggi di Australia memiliki standar pendidikan yang sama. Hanya saja fasilitas dan jumlah penelitian yang dilakukan berbeda. 

 

Jadi kenali dulu jurusan baru universitas mana yang diinginkan sehingga tidak terlalu melenceng dari harapan awal. 

 

  • Mengecek dan Memenuhi Semua Persyaratan Pendaftaran

Keberhasilan untuk kuliah di Australia adalah dari informasi yang kamu peroleh. Kini zamannya internet, tentunya kamu akan jauh lebih mudah untuk mencari tahu syarat apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftar di universitas Australia. 

 

Caranya mudah hanya perlu membuka website dari masing-masing universitas yang ingin didaftar. Biasanya setiap website memberikan rincian seperti dokumen pendaftaran, biaya pendaftaran sampai syarat untuk transfer kuliah. 

 

Kamu harus memenuhi semua persyaratan yang diberikan baik itu dokumen dan juga biayanya. Jangan lupa untuk memastikan mencatat tanggal terakhir pendaftaran karena tidak boleh sampai terlambat. 

 

  • Melakukan Pendaftaran ke Universitas

Usai memenuhi semua syaratnya, kamu tinggal melakukan pendaftaran saja. Prosesnya dimulai dengan mengunduh formulir pendaftaran kemudian mengisinya. 

 

Formulir yang telah diisi harus dikumpulkan kembali beserta dengan lampiran syarat berupa dokumen. Cek ulang apakah formulir pendaftaran sudah diisi dengan benar akan menentukan apakah kamu berhasil melalui seleksi administrasi. 

 

Khususnya pada bagian nilai keterampilan bahasa Inggris pada sertifikasi. Setiap universitas memiliki standar nilai bahasa Inggris, kamu bisa mencari informasinya dengan menanyakan langsung. Bisa juga mencari tahu dari mahasiswa yang pernah berhasil mendaftar. 

 

  • Memperoleh Letter of Offer 

Beberapa universitas yang tidak mempersyaratkan ujian masuk dan hanya menyeleksi melalui administrasi saja, akan mengirimkan letter of offer (LoF) jika kamu diterima. Surat ini akan langsung dikirim ke alamat yang kamu berikan. 

 

Saat ini LoF juga dikirimkan melalui email jadi pastikan kamu memantau email pada tanggal pengumuman yang diberikan. Jangan sampai salah juga memberikan informasi alamat dan juga email. 

 

Detail dari LoF ini antara lain nama jurusan yang dipilih, waktu mulai perkuliahan, fakultas dan juga kode registrasi. LoF ini juga menjadi syarat untuk mengajukan visa. 

 

  • Memperoleh Certificate of Enrollment 

Berhasil mendapatkan LoF masih ada satu tugas lagi yang dipenuhi yaitu membayar deposit untuk kuliah satu semester di awal. Apabila pembayaran ini berhasil dilakukan maka kamu akan memperoleh Certificate of Enrollment (CoE). 

 

Artinya kamu telah diterima di universitas yang diinginkan dan juga perlu diserahkan pada saat membuat visa. 

 

Kini kamu sudah memegang visa dan siap untuk kuliah di Australia, tinggal mengatur keberangkatan dan juga akomodasi di sana. 

 

Ada cara mudah lagi untuk bisa kuliah di negara Australia tanpa harus mengurus sendiri. Mulai dari kursus bahasa Inggris sampai dengan keberangkatan. Tinggal ikuti saja program di Westwork.id, kamu bisa kuliah dengan lebih mudah. 

 

× How can I help you?