Kenapa Harus Kuliah di Jerman? Ini Penjelasan Lengkapnya

Layaknya kota pendidikan, Jerman menjadi surganya para pelajar dari seluruh dunia. Kuliah di Jerman kini menjadi pilihan prioritas. Ada begitu banyak universitas dengan ranking terbaik, ratusan pilihan jurusan yang menjanjikan pekerjaan terbaik. 

Belum lagi Jerman adalah negara dengan sejarah panjang dan gaya hidup dinamis. Mencampurkan antara hidup modern dengan klasik yang akan membuat siapa saja langsung jatuh cinta. 

Mengapa Memilih Negara Jerman untuk Kuliah? 

Saat kamu mempertimbangkan untuk kuliah di luar negeri, memperhatikan kelebihan dan kekurangan dari setiap tujuan negara sangatlah penting. 

Ada ratusan negara di luar sana yang memiliki standar pendidikan tinggi terbaik dan Jerman harus masuk ke dalam daftar pilihmu. Kenapa Jerman dan bukan negara lain yang dipilih, kamu bisa simak beberapa alasannya berikut ini. 

  • Biaya Murah sampai Gratis

Meningkatknya biaya pendidikan tinggi setiap tahun sudah menjadi rahasia umum, khususnya di Indonesia. Berbeda sekali dengan biaya kuliah di Jerman yang justru semakin murah bahkan untuk universitas negeri digratiskan. 

Menurunnya biaya ini berkat kesadaran pemerintah Jerman yang membuat peraturan bebas biaya kuliah pada universitas negeri sejak tahun 2014. Peraturan tersebut berlaku untuk seluruh masyarakatnya dan khusus mahasiswa asing hanya perlu membayar biaya administrasi. 

Besaran biaya administrasi ini juga tidak besar sekitar 250 euro per semesternya. Biaya tersebut digunakan untuk tiket transportasi dan kegiatan kemahasiswaan. Jika ingin kuliah di Jerman secara gratis banyak beasiswa yang bisa diikuti. 

  • Universitas dengan Peringkat Teratas

PAda tahun 2018, tercatat pada 429 institusi tinggi yang beroperasi di Jerman dan 106 diantaranya adalah universitas. Hampir semua universitas di Jerman memiliki standar yang tinggi dari standar pendidikan tinggi secara global. 

Bahkan beberapa universitas secara konsisten menduduki ranking teratas di dunia. Mahasiswa tentu saja mengincar universitas tertinggi di Jerman untuk meningkatkan pengalaman belajar, kesempatan kerja dan ruang yang nyaman untuk belajar. 

Reputasi universitas di Jerman yang baik ini berkat kemampuan mengajar dan penelitian yang selalu dilakukan. Semuanya berasal dari teknik pengajaran yang terus dikembangkan dengan budaya yang sangat kaya. 

  • Bisa Keliling Eropa dengan Visa Pelajar

Siapa yang tidak tergiur jika bisa berkeliling Eropa tanpa harus membayar visa yang mahal. Jika kamu berhasil menjadi mahasiswa di Jerman, visa pelajar yang didapatkan bisa digunakan untuk berkeliling Eropa. 

Kamu tak perlu lagi mendaftar visa luar negeri untuk 90 hari yang harganya juga mahal. Hanya saja untuk mendapatkan visa pelajar ini kamu harus memenuhi kriteria yang dibutuhkan. 

  • Mendapatkan Waktu untuk Bekerja Part Time

Ketika kamu sudah menjadi mahasiswa di Jerman, kesempatan bekerja di Jerman paruh waktu sangat terbuka lebar. Pemerintah memiliki aturan khusus yang mengizinkan mahasiswa asing untuk bekerja part time. 

Waktu yang diizinkan adalah 90 hari penuh atau 180 hari setengah hari kerja dalam setahun. Gaji yang didapatkan adalah sekitar 10 sampai 15 euro per jam. Bayangkan kamu akan bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan bekerja part time. 

Universitas Terbaik di Jerman yang Bisa Jadi Tujuan 

studi belajar

Universitas dengan ranking terbaik menjadi daya tarik utama mahasiswa kuliah di Jerman. Kamu mungkin saja akan dibingungkan untuk memilih mana universitas yang jadi tujuan utama. Tak perlu khawatir, karena kamu bisa mendaftar sebanyak yang diinginkan. 

Tidak ada batasan untuk memilih satu universitas saja. kamu bisa mendaftar di dua atau bahkan empat universitas. 

Biasanya waktu pendaftaran dibuka dalam waktu yang berdekatan, jadi kamu harus aware dengan informasi yang disampaikan pada website resmi universitas. Berikut ini beberapa pilihan universitas terbaik di Jerman. 

  • Technische Universität München 

Dikenal juga dengan TU Munchen, universitas ini selalu berada di tingkat pertama dari tahun ke tahun. Pada tahun ini mendapatkan peringkat 50 dari seluruh dunia dan berada di tingkat ke 17 sebagai universitas dengan reputasi staf terbaik. 

Berdiri sejak tahun 1968 dan memiliki visi untuk menjadi fasilitator pendidikan terbaik. Khususnya untuk riset dengan pembelajaran yang unik bagi semua siswanya. Hasil riset bertujuan untuk memberikan nilai terbaik di masyarakat. 

  • Ludwig Maximilians

Pada tahun 2021 ini University Munchen atau yang dikenal juga dengan Ludwig maximilians ini mendapatkan peringkat ke 63 di seluruh dunia. Berdiri sejak tahun 1472 dan saat ini memiliki lebih dari 50 ribu mahasiswa, di mana 15% nya adalah mahasiswa asing. 

Universitas ini berada di kota Munich yang hingga saat ini menjadi kota pendidikan terbaik di seluruh dunia. 

  • Ruprecht Karls Universität Heidelberg

Merupakan universitas terbaik ketiga di Jerman dan mendapatkan peringkat ke 64 secara global. Universitas ini merupakan institusi tertua di negara ini yang didirikan tahun 1386. 

Pencapaian yang didapatkan secara akademik selalus di atas peringkat 100 yang membuat reputasinya semakin baik. Walaupun peringkatnya bukan yang pertama di Jerman, tetapi kamu yang bisa masuk ke lembaga ini sangat disegani. 

  • Humboldt Universität zu Berlin

Ada tiga pencapaian yang diambil oleh universitas ini di tahun 2021. Pertama adalah mendapatkan peringkat keempat terbaik di dunia. Kedua masuk ke dalam top 50 sebagai indikator reputasi akademik. 

Terakhir adalah masuk ke peringkat 117 terbaik di dunia. Lokasinya ada di berlin dan berdiri di tahun 1810. Julukan yang didapatkan adalah Mother of all Universities, di mana memiliki pencapaian dalam bidang ilmu pengetahuan alam. 

  • Freie Universität Berlin

Jika ingin kuliah Jerman dengan tujuan riset, universitas ini jadi pilihan yang terbaik. Lokasinya di Karlsruher barat daya Jerman. Pencapaiannya di tahun inia dalah masuk ke peringkat kelima terbaik di Jerman dan mendapat peringkat 65 di seluruh dunia. 

  • Karlsruher Institut für Technologie

Pada tahun 2021 ini, Karlsruher Institut für Technologie menduduki peringkat nomor enam terbaik di Jerman. KIT terkenal memiliki staf terbaik dan mendapatkan ranking 63 di dunia. 

Visinya adalah untuk memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perubahan dunia dalam hal energi, mobilitas dan informasi. 

  • Rheinisch-Westfälische Technische Hochschule Aachen

RWTH Aachen adalah universitas bagi 45 ribu lebih mahasiswa yang berada di 168 jurusan. Menjadi universitas terbesar di Jerman dan yang terbaik. 

Pilihan Jurusan Terbaik Jika Ingin Kuliah di Jerman 

Selain universitas, yang jadi pertimbangan selanjutnya adalah soal jurusan. Untungnya di Jerman kamu nggak akan kesulitan mendapatkan bidang yang disukai. Universitas di Jerman rata-rata menyediakan puluhan jenis jurusan. 

Diantaranya tentu saja ada jurusan kuliah di Jerman yang laris manis dan menjanjikan karir cemerlang di masa depan. Jika kamu menyukai beberapa bidang di bawah ini, sangat tepat untuk kuliah di sana. 

  • Teknik

Jurusan teknik hampir di seluruh dunia sangat diminati, tapi di Jerman sendiri 25% mahasiswa internasional memilih jurusan ini. Meningkatnya peminat dipengaruhi oleh industri otomotif yang berkembang dengan sangat pesat di Jerman. 

Peluang kerja usai lulus sangat tinggi, karena perusahaan otomotif Jerman saja membutuhkan 700 ribu pekerja. Karir yang pasti jika masuk ke jurusan ini menjadi alasan meningkatnya minat mahasiswa. 

  • Seni Rupa dan Terapan

Tertarik menjadi seorang seniman? Jerman adalah negara yang paling banyak dituju untuk belajar tentang seni rupa dan terapan. Kelebihan utama kuliah di Jerman jurusan ini adalah materi teori yang diberikan lebih sedikit dibandingkan materi di studio. 

Mahasiswa bisa langsung praktek belajar membuat karya yang nantinya akan dikritik oleh profesor. Universitas Teknik Berlin adalah salah satu universitas terbaik yang menyelenggarakan jurusan ini. 

  • Sastra

Keunikan dari jurusan sastra di Jerman adalah ada yang menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris. Jadi peminat dari mahasiswa internasional cukup tinggi mencapai 37 ribu. Selain itu banyak sekali yang berminat untuk mempelajari tentang sastra Jerman. 

Sastra sendiri dibagi menjadi beberapa bidang ilmu seperti arkeologi, sejara, ilmu budaya, sastra, filsafat hingga studi keagamaan. Kamu bisa memilih lagi untuk bisa fokus pada bidang ilmu yang mana. 

  • Manajemen Bisnis

Mau tahu dan tertarik dengan sistem bisnis internasional? Kamu bisa pilih jurusan manajemen bisnis ketika kuliah di Jerman. Peminat dari mahasiswa internasional cukup banyak dan kamu akan tahu bagaimana sistem dari perusahaan raksasa di Jerman. 

Manajemen bisnis bahkan dibuka sampai tingkat S2 dan ada beberapa bidang ilmu khusus yang bisa dipilih. Contohnya seperti keuangan, ritel, distribusi, akuntansi, hingga pemasaran. 

  • Matematika dan Ilmu Komputer

Sebagai negara maju, jurusan ilmu komputer dan matematika tentu saja populer. Jerman yang selalu meningkatkan penelitian di bidang ilmu komputer ini menjadi negara tujuan belajar. 

Mahasiswa internasional yang tertarik di bidang ini saja lebih dari 30 ribu orang. Kelebihannya adalah lab komputer yang mumpuni. Mahasiswa bisa belajar dengan lebih baik lagi nantinya. 

Syarat yang Harus Dipenuhi jika Ingin Kuliah di Jerman

mahasiswa duduk di rumput

Sudah mantap untuk kuliah ke Jerman? Tentu saja kamu harus berusaha dengan keras sejak sekarang. Ada banyak persyaratan yang harus kamu penuhi dan selalu menggali informasi terbaru mengenai universitas yang kamu minati. 

Untungnya lagi kini sudah zaman serba teknologi, informasi langsung dari universitas bisa kamu akses dari website resminya. Nah, apa saja syarat kuliah di Jerman yang harus kamu penuhi? 

  • Kemampuan Berbahasa Jerman

Hal pertama yang harus dikuasai adalah bagaimana kamu bisa berkomunikasi. Bahasa Jerman adalah syarat wajib yang dibuktikan dengan serritifkasi dari Goethe Institut. Jika kamu bisa bisa berbahasa Jerman maka peluang untuk diterima lebih besar, tentunya bisa dengan cara ikut kursus bahasa Jerman

  • Kemampuan Berbahasa Inggris

Selain bahasa Jerman, bahasa wajib yang harus dikuasai adalah bahasa Inggris. Kamu harus menyertakan sertifikat dari IELTS atau TOEFL IBT saat pendaftaran. Biasanya masing-masing universitas memiliki standar yang berbeda-beda. 

Lalu bagaimana jika kamu hanya bisa berbahasa Inggris? Bukankah ada kelas bahasa Inggris di universitas? Sayangnya kamu tetap harus belajar bahasa Jerman dan dibuktikan dengan sertifikat. 

Sedangkan kelas bahasa Inggris, jumlahnya terbatas. Mungkin saja jurusan yang kamu pilih tidak menyediakan kelas dengan pengantar bahasa Inggris. 

  • Lulus Studienkoleg

Bagi kamu yang baru saja lulus SMA dan ingin melanjutkan pendidikan Sarjana di Jerman harus mengikuti Studienkoleg selama 1 tahun. Program ini adalah penyetaraan pendidikan terakhir sebelum masuk university untuk menempuh S1. 

Bagaimana jika tidak lulus Studienkolleg? Tentu saja kamu harus tetap mengulangnya sampai lulus baru bisa mendaftar ke universitas. Biasaya setiap universitas mengadakan program ini. 

  • Syarat Akademik

Selain skill, kamu juga harus memenuhi beberapa persyaratan akademik. Secara umum biasanya adalah ijazah dan transkrip nilai. Keduanya harus sudah diterjemahkan dengan penerjemah bersertifikasi. 

Beberapa universitas mungkin akan meminta bukti prestasi lainnya yang dimiliki oleh calon mahasiswa. Sebagai bahan pertimbangan apakah mampu menempuh pendidikan di jurusan tersebut. 

  • Masalah Dana

Syarat selanjutnya yang harus dipenuhi adalah soal bagaimana kamu akan mendanai kuliah selama 2 atau 4 tahun. Bukan cuma biaya kuliah kamu juga harus mempertimbangkan soal biaya hidup. 

Soal biaya hidup kamu harus mempersiapkan setidaknya 8700 euro per tahun ditambah asuransi 80 euro setahun. Sedangkan untuk biaya kuliahnya masing-masing universitas memiliki biaya berbeda. 

Jika ingin kuliah di Jerman gratis sebaiknya pilih universitas negeri sehingga kamu hanya perlu membayar biaya administrasi saja. Ditambah jika kamu mendapatkan beasiswa, maka biaya hidup dan kuliah bisa terpenuhi dan kamu bisa kuliah gratis. 

Soal beasiswa kuliah di Jerman ada banyak pilihannya seperti beasiswa DAAD yang diselenggarakan pemerintah Jerman. Ada juga beasiswa dari masing-masing universitas, untuk bisa mendapatkannya kamu harus rajin mencari info beasiswa. 

Nah, melalui informasi ini apakah kamu sudah mempertimbangkan memilih Jerman sebagai pilihan utama untuk kuliah? Jika iya, maka kamu harus mempersiapkan diri dari sekarang.