Mengulik Persyaratan TKI Jepang, Gaji sampai Cara Daftarnya

Memiliki kesempatan untuk bisa bekerja di luar negeri tentu tidak boleh dilewatkan. Terutama jika salah satu tujuan negaranya adalah Jepang. Mengapa? Bisa menjadi TKI Jepang akan memberikan berbagai keuntungan. 

 

Pertama negara ini adalah salah satu negara maju yang nilai mata uangnya lebih tinggi daripada di Indonesia. Jika kamu berhasil menabung dari hasil bekerja, setelah pulang ke Indonesia tentu tabungan akan semakin besar. 

 

Kedua, bekerja di negara ini bisa jadi pengalaman sekali seumur hidup yang tidak terlupakan. Ketiga, selain mata uang yang lebih besar, Jepang adalah negara yang sangat disiplin untuk melatih diri.

 

Semua gaji, tunjangan dan hak pekerja akan diberikan dengan sesuai. Tidak jarang juga mereka akan memberikan bonus kepada karyawan yang bekerja dengan baik. 

 

Penasaran bagaimana bisa bekerja di Jepang? Kamu bisa mencari tahunya di sini. 

 

Persyaratan TKI ke Jepang yang Harus DIketahui 

Persyaratan TKI ke Jepang

 

Lebih banyak untungnya jika kamu berhasil bekerja di Jepang. Disamping mendapatkan pengalaman baru, kamu juga bisa mempelajari gaya hidup di sana yang disiplin kerjanya tinggi. 

 

Proses agar kamu bisa menjadi TKI di Jepang pun cukup panjang, mulai dari memenuhi syarat, tes hingga keberangkatan dan training. Sebagai awalan, setidaknya kamu harus tahu apa saja persyaratan TKI ke Jepang yang harus dipenuhi sebagai berikut:

 

  • Menguasai Bahasa Jepang

Syarat yang pertama adalah bahasa, kamu bisa dengan mudah mendapat pekerjaan jika kemampuan bahasa sudah dimiliki. Ada serangkaian tes kemampuan bahasa Jepang nantinya yang harus dipenuhi. 

 

Supaya lebih mudah, kamu bisa belajar bahasa Jepang terlebih dahulu sebagai persiapan. Setidaknya kemampuan bahasa Jepang kamu adalah tingkat N4 yang dibuktikan dengan sertifikasi dalam dokumen setelah ujian. 

 

Belajar bahasa Jepang sendiri bisa kamu mulai lakukan sejak masih di Indonesia yaitu dengan cara mengikuti kursus atau belajar mandiri. Semakin kamu pintar bahasa Jepang, maka kemampuan diri untuk menyesuaikan dengan pekerjaan juga lebih mudah. 

 

  • Syarat Pendidikan

Syarat kedua TKI Jepang yang harus dipenuhi adalah soal pendidikan. Persyaratan ini selalu muncul dalam lowongan kerja Jepang. Minimal pendidikan biasanya disesuaikan dengan jenis pendidikan. 

 

Kamu yang lulusan SMA atau SMK pun tetap boleh mendaftar jika sesuai dengan kriterianya. Syarat ini tergantung dengan posisi yang dilamar, selain itu tingkat pendidikan ini akan menentukan jumlah gaji yang didapatkan. 

 

  • Memiliki Paspor dan Visa Jepang

     

Syarat yang ketiga khusus untuk paspor bisa dibuat terlebih dahulu ketika kamu sedang melamar lowongan kerja. Karena paspor adalah syarat penting untuk membuat visa dan perlu diperpanjang setiap tahunnya. 

 

Sedangkan visa bisa diajukan setelah kamu mendapatkan pekerjaan. Nantinya surat penerimaan kerja akan jadi lampiran yang diberikan ketika mengajukan visa. Sehingga kamu bisa mendapatkan visa kerja sesuai dengan kontrak kerja yang didapatkan. 

 

Tujuannya agar kamu tidak mendapatkan visa wisata yang hanya berlaku selama 90 hari saja. Supaya kamu tidak dideportasi atau harus mengurus perpanjangan visa di Jepang hanya karena masa berlaku visa sudah habis. 

 

  • Melampirkan Surat Kesehatan

     

Secara umum hampir seluruh perusahaan di Jepang mensyaratkan surat kesehatan yang membuktikan bahwa calon pekerja tidak mengalami penyakit. Seperti cacat fisik baik itu buta warna, silinder, kaki O atau X, disfungsi organ tubuh dan masih banyak lagi. 

 

Surat ini biasanya dilampirkan ketika hendak melamar. Walaupun beberapa perusahaan biasanya ada yang menyelenggarakan tes kesehatan dalam rangkaian seleksi tenaga kerja. Jadi tidak ada salahnya jika kamu melampirkan surat kesehatan ini. 

 

Inilah beberapa syarat untuk menjadi TKI di Jepang yang harus dipenuhi. Syarat lainnya biasanya disesuaikan dengan jenis pekerjaan. Misalnya saja untuk masalah usia, tinggi dan berat badan. 

 

Jenis Pekerjaan TKI di Jepang Untuk Orang Indonesia

Jenis Pekerjaan TKI di Jepang Untuk Orang Indonesia


Bagi kamu yang mungkin saja sudah mempersiapkan semua syarat kerja di Jepang, sebaiknya kenali jenis pekerjaan apa yang banyak dibuka. Jenis pekerjaan ini akan berpengaruh dengan minat, gaji serta peluang untuk berhasil. 

 

Ada beberapa jenis lowongan kerja yang banyak ditujukan oleh TKI di Indonesia, antara lain adalah sebagai berikut. 

 

  • Praktek Kerja

Jenis pekerjaan ini paling banyak dibuka untuk lulusan SMA atau SMK. Walaupun gaji yang diberikan tidak sebesar karyawan, namun pekerja magang tetap mendapat penghasilan. Ada beberapa jenis pekerjaan untuk magang yang dibuka.

 

Kamu bisa memilih kerja di sektor konstruksi, mesin, pabrik, pertanian atau mesin hingga tekstil. Setiap karyawan yang lulus dari praktek kerja akan mendapatkan sertifikat kerja dari Jepang dan juga JITCO. 

 

Apabila kamu memiliki keterampilan lebih maka peluang untuk meneruskan menjadi TKI Jepang akan terbuka lebar. Para peserta magang yang sudah selesai, akan mendapat kesempatan untuk wawancara dan mendapat kontrak kerja. 

 

  • Pekerjaan di Sektor Kesehatan

Tenaga kesehatan memiliki peluang yang lebih besar karena dibutuhkan di seluruh dunia termasuk Jepang. Syarat utama yang harus dipenuhi adalah kamu harus lulus sekolah jurusan keperawatan dan mahir berbahasa Jepang. 

 

Tidak hanya itu, lamaran kerja juga dipermudah dengan melamar dari janur Government to Government. Ada dua jenis perawat yang dibutuhkan yaitu perawat rumah sakit atau Kangoshi dan perawat lansia atau Kaigofukushi. 

 

  • SSW/ Specified Skilled Worker 

Pilihan ketiga pekerjaan sebagai TKI di Jepang adalah sesuai dengan kemampuan spesifik yang dimiliki. Beberapa sektor yang dibuka untuk ini adalah F&B, koki, barista, perhotelan dan sejenisnya. 

 

Kamu yang mungkin saja telah belajar dalam bidang ini dan sudah lulus bisa melamar lowongan di Jepang. 

 

Berapa Besaran Gaji TKI Jepang?

 

Gaji TKI Jepang

Saatnya untuk mengulik berapa besaran gaji yang akan kamu dapatkan selama bekerja di Jepang. Mata uang di Jepang adalah Yen, besaran gajinya pun akan disesuaikan dengan kota atau prefektur, tidak jauh berbeda seperti di Indonesia. 

 

Berikut ini gambaran gaji TKI di Jepang yang disesuaikan dengan kota. 

 

  1. Tokyo, total gaji adalah 1.031 yen atau setara dengan 134 ribu rupiah. 
  2. Osaka, total gaji adalah 1.011 yen atau setara dengan 133,7 ribu rupiah. 
  3. Kanagawa, total gaji adalah 964 yen atau sama dengan 127 ribu rupiah. 
  4. Hyogo, total gaji adalah 899 yen atau setara dengan 119 ribu rupiah. 
  5. Kyoto, total gaji adalah 909 yen atau setara dengan 120 ribu rupiah

 

Apabila dilihat dari upah per jamnya, tentu jauh berbeda dengan yang ada di Indonesia karena mendapat hitungan per jam. Jika ditotal untuk kamu yang bekerja di wilayah Osaka selama satu hari 8 jam maka akan mendapat gaji 1 jutaan. 

 

Jika kamu bekerja selama satu bulan 26 hari maka gaji per bulan adalah 26 juta rupiah. Itu dengan hitungan libur seminggu satu kali. Jumlah ini juga belum termasuk lembur serta tunjangan yang lainnya. 

 

Menjadi TKI Jepang tentu sangat menggiurkan bukan bagi kamu yang ingin menargetkan gaji lebih tinggi?

 

Cara Daftar Menjadi TKI ke Jepang

Cara Daftar Menjadi TKI ke Jepang

 

Sudah mulai tertarik untuk magang atau langsung bekerja di Jepang? Jangan lewatkan kesempatan yang ada demi masa depanmu. Jika ingin menjadi TKI di Jepang kamu tentu harus memenuhi semua syaratnya yang telah disebutkan di atas. 

 

Kemudian kamu bisa mengikuti beberapa langkahnya berikuti ini. 

 

  • Rajin Mencari Lowongan Kerja

Saat ini sangat mudah menemukan lowongan kerja di Jepang. Bukan hanya melalui jalur swasta tetapi juga Disnaker. Kamu bisa mencari lowongan melalui website dari masing-masing penyelenggara. 

 

Pilihlah jenis pekerjaan yang sesuai dengan kriteriamu atau keinginan. Jangan lupa baca semua syaratnya dan pastikan kamu sudah memenuhinya. 

 

  • Menyerahkan Berkas Administrasi

Pendaftaran awal selalu dimulai dengan penyerahan berkas admin. Pastikan semua sudah lengkap dan kamu menyerahkannya sebelum pendaftaran ditutup. 

 

  • Siapkan Diri Sebaik Mungkin

Kondisi fisik dan mental jika ingin menjadi TKI Jepang harus selalu baik. Selalu konsumsi makanan yang bergizi dan melatih ketahanan fisik.

 

Karena ketika kamu mengikuti wawancara langsung dengan perusahaan Jepang, penampilan dan fisik harus prima. 

 

  • Ikuti Alur Seleksi Kerja

Masing-masing perusahaan memiliki alur penerimaan kerja yang berbeda-beda. 

Namun secara umum adalah seleksi admin, tes tertulis dan wawancara. Tidak jauh berbeda dengan penerimaan tenaga kerja di Indonesia. 

Mudah bukan cara daftar TKI Jepang, kamu bisa mulai mempersiapkannya dari sekarang dengan mempelajari bahasa Jepang.

Jika kamu ingin mulai mendaftar TKI Jepang bisa langsung melakukannya di Westwork.id