Westwork.id – Cara Membuat Tabel Di Word Komputer menjadi salah satu cara yang harus kamu ketahui ketika menggunakan Microsoft Word. Sebab, hal ini akan memudahkan kamu untuk membuat sebuah tabel.
Tabel sendiri berfungsi untuk dapat memudahkan kamu dalam menyajikan sebuah data. Sehingga nantinya, informasi yang akan kamu sampaikan bisa dengan mudah didapat oleh para pembaca.
Nah, pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai Cara Membuat Tabel Di Word Komputer. Kamu perlu menyimaknya agar mengetahui Cara Membuat Tabel Di Word dan apa fungsi dari sebuah tabel.
Daftar Isi
- 1 Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Tabel Di Word
- 2 Fungsi Sebuah Tabel Di Word
- 3 Cara Membuat Tabel Di Word
- 4 Cara Menambah Kolom Dan Baris Pada Tabel
- 5 Cara Menghapus Tabel Di Word
- 6 Cara Mengubah Teks Menjadi Sebuah Tabel
- 7 Akhir Kata
Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Tabel Di Word
Kamu pastilah sudah tidak lagi asing atau bahkan sering menjumpai sebuah tabel. Terutama dalam sebuah tulisan, tak jarang ada selipan tabel yang menyajikan beberapa data.
Tabel sendiri dapat diartikan sebagai susunan data yang disajikan dalam bentuk baris dan kolom. Biasanya, tabel berisi bilangan atau kata-kata dalam urutan tertentu.
Tabel ini, digunakan untuk dapat menyajikan sebuah data sehingga lebih ringkas dan mudah dimengerti. Jika tidak menggunakan sebuah tabel, maka tulisan yang kamu buat akan lebih panjang dan lebih rumit untuk dipahami.
Apalagi jika tulisan tersebut berisi sebuah data penelitian. Pastinya, kamu perlu sebuah tabel agar data tersebut bisa tersusun secara rapi. Dan tentunya informasi dari data yang di dalamnya dapat dipahami dengan lebih mudah.
Selain itu, tabel juga dapat memuat berbagai informasi lain sesuai dengan konteks yang ada. Seperti misalnya memuat jadwal tertentu, atau bisa berupa tabel perbandingan beberapa hal.
Tabel juga dapat digunakan sebagai alat bantu visual yang memiliki fungsi untuk menjelaskan suatu informasi atau fakta. Hal ini agar fakta dan informasi tersebut bisa tersaji dengan singkat, jelas, dan padat.
Sehingga nantinya, informasi yang diberikan akan lebih mudah dibaca dan dipahami. Dan pembaca juga akan lebih mudah menarik kesimpulan dari informasi tersebut.
Tak hanya itu, melalui sebuah tabel, tulisan yang disajikan juga akan lebih menarik jika dibandingkan dengan tulisan naratif. Sehingga pembaca pun tidak akan bosan jika hanya disajikan dengan deretan panjang berisi huruf saja.
Oleh karena itu, jika kamu ingin menggunakan word untuk menulis beberapa informasi, kamu perlu menggunakan sebuah tabel. Dan pada artikel kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai Cara Membuat Tabel Di Word.
Fungsi Sebuah Tabel Di Word
Sebelum sampai pada pembahasan Cara Membuat Tabel Di Word, kami akan membahas mengenai apa fungsi dari sebuah tabel. Hal ini agar sebelum membuat tabel, kamu paham apa tujuan dan fungsi dari tabel tersebut.
Secara umum, fungsi sebuah tabel ada empat. Dan berikut ini kami telah merangkum penjelasan dari keempat fungsi tersebut, khusus untuk kamu.
1. Meringkas Informasi Agar Lebih Padat
Fungsi pertama dari sebuah tabel adalah untuk meringkas informasi agar lebih padat. Sehingga nantinya, penyampaian informasi tidak akan bertele-tele hingga membuat pembaca kebingungan.
Selain itu, tabel juga dapat mempermudah penyampaian ide atau gagasan dari penulis ke pembaca. Dengan begitu, pemaca akan lebih mudah menangkap maksud dari ide tersebut.
2. Memudahkan Pembaca
Selanjutnya, dengan sebuah tabel, kamu bisa mempermudah pembaca dalam mendapat sebuah informasi. Sebab, data yang disajikan pada sebuah tabel telah disusun secara rapi dan sistematis.
Selain itu, jika terdapat suatu perubahan, tabel bisa memberikan informasi yang lebih detail. Sehingga nantinya, pembaca akan lebih bisa memahami jika terdapat penurunan atau kenaikan dari data informasi tersebut.
3. Menggeneralisasikan Informasi
Fungsi ketiga dari sebuah tabel adalah untuk menggeneralisasikan sebuah informasi. Dimana tabel tersebut akan memungkinkan penggeneralisasian atau penarikan sebuah informasi dari berbagai konteks.
Hal ini nantinya, akan membuat sebuah tabel mampu menyampaikan informasi secara lebih jelas dan gamblang. Sehingga pembaca juga lebih mudah memahami informasi yang didapatkannya.
4. Menjelaskan Sebuah Fakta
Fungsi terakhir, tabel dapat menjelaskan sebuah fakta yang ada. Pada sebuah tabel, biasanya tersaji data dalam bentuk informasi yang didapat dari berbagai sumber.
Dan pastinya, tabel informasi yang disajikan tersebut bisa dipertanggungjawabkan. Oleh karena itu, data pada tabel sudah pasti berupa fakta yang dirangkum dari berbagai sumber tersebut.
Hal ini, akan membuat pembaca yang awalnya tidak tahu terkait suatu fakta menjadi tahu. Yang mana nantinya, fakta tersebut bisa mereka terima dan dikupas tuntas.
Cara Membuat Tabel Di Word
Setelah mengetahui apa itu tabel beserta fungsinya, jika kamu ingin membuat tabel, kami akan memberikan beberapa panduan melalui artikel ini. Ada beberapa Cara Membuat Tabel Di Word yang bisa kamu ikuti nantinya.
Untuk membuat tabel di word sebenarnya tidaklah sulit, sebab kamu hanya perlu mengikuti perintah yang tersedia. Namun, jika kamu masih seorang pemula, mungkin akan cukup bingung dengan setiap langkah-langkahnya.
Nah, berikut ini ada beberapa Cara Membuat Tabel Di Word yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa memilih mana yang sekiranya paling simpel dan mudah untuk kamu lakukan.
1. Cara Membuat Tabel Di Word Otomatis
Pada Microsoft word, terdapat Cara Membuat Tabel yang bisa dilakukan secara otomatis. Yaitu menggunakan template yang sudah disediakan.
Jika kamu ingin mengetahui langkah-langkah Cara Membuat Tabel Di Word Otomatis, berikut panduan untuk kamu. Kamu bisa mencermati setiap langkahnya agar nanti tidak kesusahan ketika praktik.
1. Pilih Menu Insert
Pada bagian atas word, kamu akan menemukan toolbar yang berisi beberapa tool atau menu, salah satunya menu insert. Kemudian klik menu insert yang berada di sebelah menu home.
Pada menu insert, klik submenu table. Nantinya, kamu akan disajikan kotak-kotak kecil yang berjajar secara vertikal dan horizontal.
Pada kotak-kotak tersebut, arahkan kursor untuk memilih jumlah kolom dan baris sesuai kebutuhan. Misalnya membuat 2 kotak horizontal dan 4 kotak vertikal. Setelah itu, tabel akan muncul otomatis di word.
3. Pilih Desain Tabel
Setelah membuat tabel, kamu bisa memilih desain tabel sesuai keinginanmu. Caranya, klik submenu table design, dan nantinya kamu akan diberikan sejumlah desain yang ada.
Kamu bisa memilih salah satu di antara mereka. Jika kamu ingin merubah warna, kamu bisa mengubahnya di menu shading.
4. Sesuaikan Ukuran Tabel
Langkah terakhir membuat tabel secara otomatis, adalah dengan menyesuaikan ukuran tabel. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menarik garis di pinggir tabel ke bagian ujung tabel tersebut.
2. Cara Membuat Tabel Di Word Dengan Insert Table
Cara kedua untuk membuat tabel di word adalah dengan insert tabel. Ketika menggunakan cara yang satu ini, tak jauh berbeda dengan Cara Membuat Tabel Di Word otomatis. Berikut langkah-langkahnya:
- Klik menu insert yang ada di toolbar, kemudian pilih submenu table.
- Setelah itu, akan ada menu insert table yang berada di bagian bawah kotak-kotak kecil.
- Klik menu insert table tersebut. Setelahnya, kamu akan ditampilkan menu dialog untuk menentukan jumlah kolom dan baris.
- Isi kolom dan baris sesuai dengan jumlah yang kamu butuhkan untuk membuat tabel.
- Jika sudah selesai.
3. Cara Membuat Tabel Di Word Melalui Excel
Selain kedua cara di atas, kamu bisa membuat tabel melalui microsoft excel. Berikut ini kami akan berikan panduan Cara Membuat Tabel Di Word melalui excel:
- Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka excel untuk mulai membuat tabel.
- Pada kolom dan baris yang ada di excel, isi dengan data yang telah kamu tentukan.
- Setelah itu, pilih atau blok frame sesuai dengan data yang baru saja kamu tulis.
- Klik kanan untuk mengcopy frame tersebut.
- Kemudian masuk ke Word dan paste frame yang telah kamu copy.
4. Cara Membuat Tabel Di Word Secara Manual
Membuat tabel dengan cara manual ini, sebenarnya lebih rumit dibanding dengan cara-cara sebelumnya. Namun, jika kamu ingin mencobanya, maka kami akan memberikan panduan ini untuk kamu.
Berikut Cara Membuat Tabel Di Word secara manual yang bisa kamu ikuti. Perhatikan setiap langkahnya, dan ikuti dengan hati-hati.
- Pilih menu insert yang ada di bagian atas tampilan microsoft word.
- Setelah itu pilih submenu table dan klik bagian draw table yang ada di bawah kotak-kotak kecil.
- Gambar sebuah persegi, kemudian tarik guna menyesuaikan ukuran kolom.
- Jika kamu ingin membuat kolom baru, kamu bisa menggambar dari garis kolom yang sebelumnya kamu buat.
- Ulangi langkah keempat untuk mendapat jumlah kolom sesuai keinginan.
Cara Menambah Kolom Dan Baris Pada Tabel
Ketika membuat sebuah tabel, adakalanya kolom dan baris yang kamu buat sebelumnya kurang banyak. Nah, agar sesuai dengan jumlah yang kamu butuhkan, kamu bisa menambahkannya.
Pada artikel kali ini, kami juga akan memberikan panduan Cara Membuat Tabel Di Word dengan menambah baris dan kolom. Berikut adalah caranya:
- arahkan kursor pada bagian pojok tabel, hingga muncul tanda (+) di bagian kiri atas tabel tersebut.
- Setelah itu, klik kanan untuk memunculkan menu selanjutnya.
- Akan muncul beberapa menu, salah satunya menu insert. Pada menu insert tersebut pilih submenu insert row atau column.
- Jika ingin menambah baris, maka pilih submenu insert row.
- Dan untuk menambah kolom, maka pilih submenu insert column.
Cara Menghapus Tabel Di Word
Jika sebelumnya kamu berusaha untuk menambah kolom atau baris, maka kamu juga bisa mengurangi kolom atau baris tersebut. Hal ini, bisa kamu lakukan ketika ternyata tabel yang kamu buat kelebihan kolom atau baris.
Jika kolom atau baris tersebut dibiarkan, tentu akan terkesan kurang rapi. Untuk itu, kamu perlu menguranginya. Nah, berikut adalah Cara Membuat Tabel Di Word dengan mengurangi kolom atau baris:
- Arahkan kursor pada tabel yang telah kamu buat hingga muncul tanda (+) di kanan atas tabel.
- Setelah itu, klik kanan hingga muncul jendela baru yang menampilkan sederet menu.
- Klik submenu “Delete Cell” kemudian akan muncul kotak dialog dengan 4 pilihan.
- Pilih Shift Cells Left atau Shift Cells Up untuk menghapus beberapa sel yang kamu inginkan.
- Pilih Delete Entire Row untuk menghapus baris dan Delete entire column untuk menghapus kolom.
- Setelah itu klik OK dan kolom atau baris yang ingin kamu hapus akan hilang.
Cara Mengubah Teks Menjadi Sebuah Tabel
Jika sebelumnya kamu telah membuat tulisan panjang, kamu bisa langsung merubah teks tersebut menjadi sebuah tabel. Sehingga kamu tidak perlu membuat tabel terlebih dahulu, kemudian mengisinya satu-persatu.
Nah, berikut adalah Cara Membbuat Tabel Di Word dengan mengubah teks menjadi tabel. Cermati setiap langkahnya agar kamu tidak mengalami kesulitan dalam mempraktikkan cara berikut ini:
- Siapkan teks yang sebelumnya sudah kamu ketik di halaman microsoft word.
- Blok atau pilih teks tersebut untuk diubah menjadi sebuah tabel.
- Setelah itu, klik insert pada toolbar yang tersedia.
- Pilih submenu table, lalu klik “Convert Text to Table”
- Akan muncul jendela baru yang berisi beberapa peraturan untuk membuat teks tersebut menjadi sebuah tabel.
- Sek apakah jendela tersebut sudah sesuai dengan yang kamu inginkan.
- Jika suda sesuai, klik OK dan teks akan langsung berubah menjadi tabel seperti yang kamu inginkan.
Akhir Kata
Akan kami cukupkan sampai disini pembahasan kami mengenai Cara Membuat Tabel Di Word Komputer. Kamu bisa mengikuti salah satu cara yang telah kami berikan sesuai dengan kemampuanmu.
Pilih Cara Membuat Tabel Di Word yang sekiranya mudah untuk kamu lakukan. Hal ini bertujuan agar kamu tidak mengalami kesulitan yang berarti ketika membuat sebuah tabel di microsoft word. Sampai jumpa!