Impian bisa bekerja di luar negeri kini bisa Anda wujudkan, salah satunya adalah mengikuti program Ausbildung mechatroniker di Jerman.

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

 

Program sekolah sambil kerja ini banyak diminati siapa saja di seluruh dunia. 

 

Ahli mekatronika memiliki peluang kerja yang sangat luas dan banyak dibutuhkan di mana saja.

 

Inilah salah satu alasan terbesar mengapa Anda harus mengikuti Ausbildung di Jerman. 

 

Seperti apa program lengkapnya bisa Anda simak berikut ini. 

 

Apa Itu Ausbildung Mechatroniker?

Apa Itu Ausbildung Mechatroniker?

Ausbildung mechatroniker gehalt adalah sekolah vokasi yang akan melatih tenaga ahli mekatronika. Istilah mekatronika sendiri berasal dari dua jenis ilmu yaitu mekanik dan elektronik. 

 

Selain kedua ilmu tersebut, kini ilmu komputer juga termasuk di dalamnya. Jurusan Ausbildung mechatroniker ini pun banyak diminati karena peluang kerja yang cukup luas. 

 

Baca Juga: Ausbildung Perhotelan: Pengertian, Syarat dan Gajinya

 

Tidak semua sektor industri bisa memanfaatkan robot, karena faktanya ada beberapa bagian yang hanya bisa dikerjakan manusia. Misalnya, untuk melakukan perbaikan pada mesin. 

 

Pada Ausbildung di Jerman, jurusan mekatronika akan mempelajari beberapa hal sebagai berikut ini. 

  • Pengetesan dan Pengukuran Arus Listrik

Materi penting pertama yang akan dipelajari adalah tentang pengukuran dan pengetesan arus listrik pada mesin. Nantinya akan dibandingkan dengan proses kerja mesin dengan data-data yang dimiliki sebelumnya. 

 

Pekerjaan ini sangat penting bagi ahli mekatronika dan harus dipelajari dengan teliti serta banyak latihan. Sehingga tidak ada kesalahan arus listrik yang mengakibatkan kerusakan. 

  • Memperbaiki dan Merawat Mesin

Mesin yang digunakan dalam industri harus dirawat dengan baik, ahli mekatronika juga harus mahir untuk memperbaikinya. Sistem dan mesin harus dicek secara rutin untuk menjamin keamanannya. 

 

Apabila terjadi kerusakan, maka ahli mekatronika yang bertanggung jawab untuk memperbaiki sehingga proses kerja tidak terganggu. Mempelajari prosedur perbaikan dan perawatan dengan benar, inilah yang akan dipelajari. 

  • Bongkar Pasang Mesin

Demi mempermudah perbaikan, ahli mekatronika juga wajib memiliki kemampuan membongkar dan memasang bagian-bagian mesin. Pemasangan dan pembongkaran tidak bisa dilakukan sembarangan.

 

Jika dilakukan dengan sembarangan akan memberi pengaruh sangat besar terhadap kinerja mesin. Kerusakan pun dapat terjadi karena kesalahan pemasangan. 

  • Menginstal Program Kontrol Sistem

Hampir semua jenis mesin kini dapat bekerja berkat adanya program yang dipasang. Ahli mekatronika adalah orang yang bertanggung jawab untuk menginstal semua program ini. 

 

Tujuannya agar mesin mudah untuk dioperasikan sesuai dengan kebutuhan produksi.  Masing-masing mesin memiliki instalasi program berbeda-beda, serta pengaturan software harus dilakukan dengan tepat. 

 

Gaji Ausbildung Mechatroniker

Gaji Ausbildung Mechatroniker

Peserta Ausbildung akan mendapatkan penghasilan setiap bulannya, selain itu juga diperlakukan layaknya aryawan. Kesempatan ini masih cukup jarang ditemukan di Indonesia.

Baca Juga: Ausbildung Perawat: Syarat, Gaji dan Cara Daftarnya

Oleh karena itu berkesempatan untuk bisa sekolah sambil belajar di Jerman tentu menjadi tawaran yang menggiurkan. Berapa gaji seorang Ausbildung mechatroniker? Anda bisa menyimaknya berikut:

  • Gaji di Tahun Pertama

Pada tahun pertama, peserta akan langsung mendapatkan gaji sebesar 975 euro hingga 1.050 euro. Gaji tersebut sama dengan 16 juta hingga 17 juta rupiah. 

  • Gaji di Tahun Kedua

Pada tahun kedua pendapatan akan bertambah yaitu mulai dari 1.030 euro hingga 1.100 euro. Jumlahnya sama dengan 17 juta hingga 18 juta rupiah. 

  • Gaji di Tahun Ketiga 

Peningkatan gaji cukup tinggi di tahun ketiga yaitu 1.100 euro sampai 1.200 euro. Gaji ini sama dengan 18 juta sampai 20 juta rupiah. 

  • Gaji di Tahun Keempat

Memang sedikit berbeda dari jurusan Ausbildung lain, ahli mekatronika menempuh pendidikan sampai empat tahun. Gaji di tahun keempat adalah  1.140 hingga 1.265 euro. Jumlahnya sama dengan 19 juta hingga 21 juta rupiah. 

 

Perbedaan gaji ini berdasarkan jenis perusahaan dan juga keterampilan yang Anda miliki. Semakin baik keterampilan dan berperan aktif, maka Anda akan berkesempatan mendapatkan lebih banyak penghasilan. 

 

Gaji tentunya akan semakin meningkat usai mengikuti Ausbildung mechatroniker gehalt. Anda berkesempatan tidak hanya bekerja di Jerman, tetapi negara Eropa atau negara lainnya. 

 

Kisaran gaji seorang ahli mekatronika dari awal karir sampai profesional adalah sebagai berikut ini. 

 

  1. Gaji di awal karir adalah 1.900 euro yang sama dengan 32 juta rupiah. Bahkan ada juga yang mendapatkan 2.100 euro atau 35 juta rupiah. 
  2. Sedangkan ahli mekatronika yang sudah berpengalaman beberapa tahun bisa mendapatkan 2.500 euro hingga 3.500 euro yang sama dengan 42 juta hingga 59 juta rupiah. 
  3. Jika setelah lulus Ausbildung Anda melanjutkan ke pendidikan tingkat universitas, maka gaji bisa mencapai 4.500 euro atau 75 juta rupiah. 

 

Syarat Mengikuti Ausbildung Mechatroniker

Syarat Mengikuti Ausbildung Mechatroniker

Dilihat dari gaji yang cukup tinggi, tentunya sangat banyak yang tertarik untuk mengikuti program ke Jerman ini. Hanya saja ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebagai berikut ini. 

 

  1. Berusia minimal 18 tahun. 
  2. Lulus jenjang pendidikan minimal SMA/ SMK, Diploma dan Universitas.
  3. Memiliki motivasi dan minat yang besar mengenai teknik mesin. 
  4. Memiliki kemampuan bahasa Jerman level B2. 
  5. Memiliki nilai yang baik pada pelajaran Matematika, Fisika, Bahasa Inggris.
  6. Surat lamaran, CV dan surat motivasi.  

 

Apabila semua syarat ini dipenuhi Anda sudah siap untuk mulai mendaftar. 

 

Cara Mendaftar Ausbildung Mechatroniker

Cara Mendaftar Ausbildung Mechatroniker


Bagaimana cara pendaftaran dalam program Ausbildung? Banyak sekali yang bertanya akan caranya. Untungnya Anda tidak perlu tinggal di Jerman untuk mendaftar, karena semua bisa dilakukan via online. 

 

Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mendaftar dari sekarang. 

  • Belajar Bahasa Jerman sampai Level B2

Hal pertama dimulai dengan belajar bahasa Jerman dan dilakukan dengan rutin sampai Anda mendapatkan sertifikat B2. Pembelajaran bisa dilakukan minimal 1 tahun atau enam bulan sebelumnya. 

Baca Juga: Ausbildung Koch: Pengertian, Syarat dan Gajinya

Supaya lebih cepat belajar, Anda bisa mengikuti kursus dan fokus untuk mendapatkan level tersebut. Sisanya bisa dipelajari di Jerman. 

  • Mendaftar Ausbildung

Ketika Anda sudah mahir bahasa Jerman dan mendapatkan level B2, maka proses pendaftaran bisa dilakukan. Biasanya perusahaan membuat satu atau dua kali program ini setiap tahunnya. 

 

Pastikan kembali bahwa semua syarat Ausbildung mechatroniker sudah dikumpulkan dan benar. Anda tinggal mengirim semua syaratnya ke email yang telah disediakan. Terakhir tinggal tunggu proses selanjutnya. 

  • Melakukan Wawancara

Apabila dokumen pendaftaran sudah lolos, maka Anda akan melanjutkan ke tahapan wawancara. Pada tahapan ini ada banyak pertanyaan yang menggali minat dan keyakinan untuk berangkat ke Jerman. 

  • Membuat Visa

Usai lolos tahapan wawancara, Anda akan mendapat surat resmi bahwa diterima dalam program Ausbildung. Terakhir adalah mengajukan visa yang dilakukan sendiri langsung di kedutaan Jerman di Indonesia. 

 

Sambil membuat visa, Anda bisa mencari akomodasi sementara di Jerman serta tiket pesawat. Karena tanggal keberangkatan sudah pasti, tentu tidak sulit untuk mencari tiket. 

 

Ketika visa sudah selesai dibuat, Anda bisa langsung berangkat dan mengikuti program Ausbildung. Perlu persiapan yang matang untuk bisa mengikuti program ini. 

Jika Anda berencana untuk mengikuti Ausbildung, bisa langsung mendaftar ke Westwork. Informasi lebih lanjut soal pendaftaran bisa dilakukan dengan menghubungi Kami dengan mengisi form diatas ini.

×