Pengertian Marketing Communication dan Peran Penting Bisnis

Angela Gemoy

Westwork.id – Marketing Communication merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki oleh seorang sales pada seluruh bidang perusahaan.

Jika kamu sering merasa kesulitan untuk menjelaskan produk atau jasa dari perusahaan, maka kamu harus menggunakan informasi berikut.

Informasi yang satu ini juga akan sangat berguna bagi kamu yang ingin mengetahui mengenai topik ini secara lebih mendalam.

Apa Yang Dimaksud Dari Marketing Communication?

Apa Yang Dimaksud Dari Marketing Communication

Agar komunikasi yang kita sampaikan pada seseorang dapat dimengerti dengan baik maka pasti mengirim pesan perlu menyampaikannya secara jelas.

Selain mengirim pesan perlu menyampaikan isi dari pesan dengan jelas, orang yang menerima pesan tersebut harus menangkap pesan dengan baik.

Komunikasi tentu merupakan hal yang penting pada bidang marketing untuk menyampaikan pesan persuasif mengenai produk atau jasa.

Maka dari itu, pesan persuasif yang berasal dari perusahaan perlu disampaikan dengan baik kepada konsumen melalui Marketing Communication.

Marketing Communication merupakan bentuk komunikasi yang ditujukan kepada konsumen untuk mempromosikan dan ajakan untuk membeli produk.

Tujuan yang ingin dicapai dari hal ini adalah agar konsumen dapat memahami produk serta meningkatkan penjualan untuk mendapatkan laba.

Marketing Communication adalah istilah yang terkenal di bidang bisnis karena kaitannya erat dengan penjualan produk jasa atau barang dari perusahaan.

Bisnis harus terus berkembang dan meningkatkan penjualan agar mendapat laba dari hasil penjualan produk yang diciptakan oleh sebuah perusahaan.

Salah satu cara yang efektif dalam meningkatkan penjualan adalah dengan strategi Marketing Communication untuk mendapat perhatian dari konsumen.

Strategi ini telah dikenal sebagai strategi yang efektif untuk dapat mendeskripsikan serta mengajak konsumen untuk mengenal produk lebih baik.

Hal ini harus dapat dikuasai dengan baik dan berakhir oleh orang yang memiliki bisnis atau pekerja sebagai sales dari perusahaan.

Di bidang akademisi hal ini juga menjadi penting untuk dikuasai oleh para mahasiswa yang mengambil jurusan bisnis dan komunikasi.

Setelah memahami Marketing Communication secara definisi ada baiknya juga kamu dapat memahami penjelasan mengenai marketing yang benar.

Seperti yang diketahui oleh banyak orang marketing memang erat dengan Kegiatan penjualan produk tetapi memiliki makna lebih luas.

Jika ditelusuri katai Marketing berasal dari bahasa Inggris yang memiliki makna secara harfiah adalah pemasaran.

Untuk mendapatkan informasi mengenai penjelasan Marketing di bidang ekonomi silahkan simak informasi selengkapnya.

Pemahaman Mengenai Marketing Pada Bidang Ekonomi

Pemahaman Mengenai Marketing Pada Bidang Ekonomi

Setelah mendapatkan pemahaman mengenai Marketing Communication secara definisi kamu perlu memahami makna Marketing.

Pemasaran mempunyai arti sebagai rangkaian dari kegiatan yang mempunyai tujuan utama untuk meningkatkan penjualan produk jasa atau barang.

Rangkaian kegiatan tersebut dapat terdiri dari proses produksi, komunikasi mengenai produk, dan menukarkan tawaran yang mempunyai nilai berharga.

Kegiatan pemasaran berawal dari meneliti kebutuhan yang menjadi hal yang dicari oleh banyak orang untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Kebutuhan tersebut nantinya akan berkembang seiring dengan waktu menjadi keinginan yang dipilih oleh masyarakat.

Agar dapat memahami kondisi tersebut dengan baik kami telah menyediakan contoh untuk menggambarkan dari penjelasan sebelumnya.

Misalnya manusia membutuhkan beras sebagai bahan pokok utama makanan pada kehidupan yang akan diolah menjadi nasi.

Setelah kebutuhan terhadap beras yang akan diubah menjadi nasi tersebut telah terpenuhi dengan baik maka keinginan pun muncul.

Keinginan untuk mendapatkan beras yang berkualitas baik, bersih, dan memiliki nilai gizi yang tinggi mulai muncul pada permintaan masyarakat.

Berangkat dari proses untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen menjadi awal mula hadirnya aktivitas pemasaran.

Rangkaian kegiatan yang memproduksi, menetapkan harga jual, proses untuk mengirimkan, dan promosi terhadap produk yang akan timbul.

Kegiatan tersebut mencakup kegiatan pemasaran secara luas yang dimaksudkan pada bidang ekonomi dan tidak terpaku pada penjualan.

Orang yang memiliki profesi sebagai karyawan pada bidang marketing atau pemasaran biasa juga disebut sebagai pemasar atau marketer.

Seorang pemasar harus memiliki kemampuan yang baik dalam memahami konsep pemasaran serta prinsip yang dijadikan landasan.

Hal tersebut memiliki tujuan agar seorang pemasar dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dengan mengaplikasikan konsep.

Apabila kebutuhan dan keinginan konsumen dapat tercapai dengan baik maka laba yang akan didapatkan oleh perusahaan akan banyak.

Konsep pemasaran pada dasarnya membuat perusahaan dapat menyesuaikan produk jadi produksi menjadi keunggulan pada pasar konsumen.

Pemasaran biasanya lekat dengan 3 garis berikut yaitu pemimpin harga, perbedaan produk, dan strategi untuk fokus.

Memahami Makna Komunikasi

Memahami Makna Komunikasi

Jika pada pembahasan sebelumnya kami telah mengulik mengenai marketing, kami juga akan membahas mengenai komunikasi.

Untuk memahami konsep dari Marketing Communication secara utuh kamu juga perlu memahami makna dari komunikasi yang sesungguhnya.

Communication merupakan kata dari bahasa Inggris yang memiliki arti di bahasa Indonesia adalah komunikasi.

Jika ditinjau dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, komunikasi mempunyai arti menyampaikan dan menerima sebuah pesan untuk dipahami.

Terjadinya komunikasi menandakan bahwa terjalinnya hubungan ataupun kontrak antara dua individu atau kelompok maupun lebih.

Terdapat dua bentuk dari komunikasi yaitu verbal dan nonverbal untuk menyampaikan pesan kepada penerima.

Komunikasi secara verbal biasanya dilakukan oleh pengirim menggunakan bahasa terhadap penerima pesan yang dapat dilakukan oleh dua orang atau lebih.

Sedangkan komunikasi non verbal yang biasa digunakan oleh masyarakat adalah gerak dari tubuh, mimik wajah dan sikap badan.

Permisalan dari komunikasi non verbal adalah menggelengkan kepala, cemberut, senyum, dan banyak gerak tubuh lainnya.

Komunikasi ini lazim digunakan manusia untuk berinteraksi dengan manusia lainnya agar mendapatkan pesan yang dimaksud.

Dalam kegiatan sehari-hari manusia menggunakan komunikasi verbal dan nonverbal untuk menjelaskan pesan yang ingin disampaikan.

Kedua bentuk komunikasi tersebut dapat dengan mudah membantu penerima pesan memahami isi pesan yang ingin disampaikan.

Pengertian Marketing Communication dan Peran Penting Bagi Bidang Bisnis

Hal ini sangat penting pada bidang bisnis untuk menumbuhkan kesadaran terhadap merek dan kepercayaan konsumen dalam membeli produk.

Sebagai contoh konsumen mempercayai kualitas yang disajikan oleh produk dari suatu perusahaan sehingga konsumen tersebut tidak ingin mengganti brand lain.

Dengan perilaku konsumen seperti tersebut maka dapat dipastikan bahwa perusahaan berhasil menjual kepercayaan melalui produk yang dijual.

Kepercayaan yang diberikan oleh konsumen biasanya diraih melalui strategi Marketing Communication yang baik oleh perusahaan.

Perusahaan berlomba-lomba membuat komunikasi terhadap konsumen untuk mengajak dan promosi mengenai produk yang dijual.

Pihak perusahaan akan mencari cara sekreatif mungkin agar komunikasi dapat menarik perhatian banyak khalayak sesuai dengan target market.

Marketing Communication juga dapat berfungsi sebagai pengubah citra perusahaan dan pelayanan dari produk yang dijual oleh perusahaan.

Meningkatkan kualitas dari produk barang atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan harus diiringi dengan strategi pemasaran yang baik.

Marketing Communication adalah strategi pemasaran yang sering digunakan oleh perusahaan untuk menyebarkan informasi mengenai peningkatan kualitas produk.

Hal tersebut diupayakan agar konsumen peduli terhadap berita peningkatan kualitas produk sehingga tetap atau beralih menggunakan brand perusahaan.

Apabila konsumen telah menerima informasi mengenai kualitas produk yang meningkat, tugas selanjutnya adalah persuasif pada konsumen.

Marketing Communication juga memiliki peranan penting lainnya yaitu mengajak konsumen untuk membeli produk yang dipromosikan.

Perusahaan harus pintar mengambil konsep komunikasi terhadap konsumen agar tertarik dan beralih menggunakan produk.

Tugas lainnya dari strategi ini adalah mempertahankan konsumen yang telah menggunakan produk untuk tetap menggunakannya.

Kesetiaan konsumen pada produk yang digunakannya merupakan salah satu kiat sukses dari perusahaan untuk mendapatkan keuntungan.

Strategi Marketing Communication juga harus menunjukkan bahwa produk tetap mempertahankan kualitas yang baik dari masa ke masa.

Hal tersebut bertujuan konsumen tetap memiliki kepercayaan yang sama terhadap produk yang digunakannya dari dulu.

Namun, hal tersebut juga harus diiringi oleh upaya perusahaan untuk tetap menjaga kualitas produk dalam kondisi yang baik.

Konsep Marketing Communication Yang Tepat Untuk Mencapai Kesuksesan

Konsep Marketing Communication Yang Tepat Untuk Mencapai Kesuksesan

Perusahaan harus pintar dalam menyusun konsep dan strategi dalam pemasaran agar menarik perhatian banyak orang.

Mereka juga harus melihat potensi yang dapat mereka gunakan sebagai sarana marketing dengan penyampaian yang berbeda dari perusahaan lainnya.

Seorang pebisnis harus memperhatikan Marketing Communication yang baik agar mencapai target penjualan bisnis yang dimiliki.

Konsep beberapa tahapan yang harus dilalui oleh seorang pebisnis untuk membentuk konsep pemasaran yang baik.

Berikut tahapan yang harus dilalui oleh seorang pebisnis untuk dapat menciptakan marketing yang baik bagi brandnya.

Marketing Communication Sebagai Kesadaran Merek

Perusahaan lama maupun perusahaan baru harus menyadari bahwa kesadaran merek adalah hal yang penting untuk selalu diperhatikan.

Meningkatkan kesadaran merek dari sebuah perusahaan dapat dilalui oleh berbagai cara salah satu cara yang paling efektif adalah Marketing Communication.

Tujuan dari hadirnya kesadaran merek yang digunakan oleh perusahaan agar konsumen senantiasa memperhatikan produk yang dipromosikan.

Hal ini dapat menarik perhatian dari konsumen yang belum pernah menggunakan produk yang dijual oleh sebuah perusahaan.

Sekaligus tetap memberikan informasi kepada pelanggan norma bahwa produk yang dijual menawarkan inovasi terbaru untuk dicoba.

Dengan menghadirkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama, keuntungan perusahaan tentu akan meningkat lebih baik.

Nilai jual produk juga dapat dilihat menjadi lebih berharga oleh konsumen berkat strategi Marketing Communication yang baik.

Pada akhirnya konsumen akan membentuk kepercayaan kepada sebuah merek dan akan selalu menggunakan produk tersebut.

Maka dari itu seorang pebisnis atau karyawan dengan profesi sales harus memikirkan matang-matang komunikasi yang dibangun.

Marketing Communication Sebagai Sarana Mengubah Citra Dari Sebuah Merek

Salah satu fungsi penting bagi strategi marketing ini adalah dapat mengubah Citra dari sebuah merek pada konsumen.

Terkadang terdapat sebuah persepsi yang disalah artikan oleh konsumen mengenai suatu produk yang dijual perusahaan.

Hal tersebut dapat berdampak buruk pada angka penjualan karena masyarakat cenderung tidak ingin membeli produk yang bermasalah.

Marketing Communication dapat dijadikan solusi sebagai pengubah citra dari sebuah merek menuju ke arah yang lebih baik.

Jika sebuah produk telah mendapatkan citra yang baik dari konsumen tentu hal tersebut juga akan meningkatkan penjualan.

Marketing Communication Sebagai Sarana Mempertahankan Konsumen Setia

Strategi pemasaran yang satu ini tidak hanya dapat mendatangkan konsumen baru yang tertarik menggunakan produk yang dipromosikan.

Marketing Communication juga memiliki fungsi untuk mempertahankan pelanggan setia yang telah menggunakan produk dari dulu kala.

Hal tersebut dapat digunakan dengan cara memberikan informasi mengenai kualitas produk yang tetap sama dari masa ke masa.

Biasanya perusahaan menggunakan iklan yang persuasif untuk mengajak pelanggan dapat menggunakan produk yang mereka jual.

Konsumen juga akan merasa tertarik karena orisinalitas dari produk yang dihasilkan oleh perusahaan tetap terjaga dari waktu ke waktu.

Konsep tersebut dapat kamu pergunakan sesuai dengan kebutuhan dan situasi yang sedang dihadapi oleh sebuah perusahaan.

Akhir Kata

Terima kasih telah menyimak informasi yang kami berikan semoga dapat menambah pengetahuan bagi kamu yang membaca.