Westwork.id – Cara kerja mesin 4 tak pada sepeda motor yang sudah ada di Indonesia biasanya tersedia dalam dua macam mesin yaitu ada 4 tak dan juga 2 tak. Kedua dari mesin ini tata cara kerjanya yang berbeda beda.
Kebanyakan dari motor motor yang sudah ada pada saat ini memakai jenis mesin 4 tak ini. Karena motor 2 tak telah dibatasi dari pergerakannya, yang terlebih untuk kawasan perkotaan seperti contoh Jakarta.
Sebab penggunaan motor 4 tak saat ini lebih diminati, khusus untuk melakukan aktivitas sehari hari. Untuk bahan bakarnya pun pada motor 4 tak lebih efektif. Yang lebih penting lagi, emisi dari gas buang yang dihasilkan sangat ramah lingkungan.
Daftar Isi
Apa Itu Motor Cara Kerja Mesin 4 Tak?
Agar lebih dalam tentang cara kerja mesin empat tak atau kamu dapat memulai dari awal namanya. Motor 4 tak yaitu sebuah mesin pembakaran di dalam, yang pada di dalam satu kali pembakaran bakalan mengalami empat tahap piston.
Pada saat ini, mesin di dalam sepeda motor secara umumnya memakai siklus empat tahap. Cara kerja mesin 4 tak yaitu langkah hisap atau pemasukan, kompresi, tenaga atau energi dan langkah buang gas.
Yang dimana secara keseluruhan harus pakai dua putaran poros crankshaft per satu kali putar mesin. Jadi yang harus kamu ingat, motor 4 tak yaitu kata lain dari 4 tahap.
Kebanyakan dari sepeda motor pada saat ini memakai mesin 4 tak, mulai dari macam skuter matik, motor sport, motor bebek, sampai motor gede.
Bahkan di jaman modern, mesin 4 tak biasa dipasangkan dengan bahan bakar yang injeksi. Hal ini untuk bikin emisi gas buang yang sangat ramah lingkungan. Kehadiran dari sistem injeksi juga menjadikan sepeda motor jadi irit.
Cuman saja, pada di Indonesia belum seluruh motor memakai sistem injeksi. Ada beberapa macam kuda besi yang tetap mengkombinasikan sebuah mesin 4 tak dengan memakai karbu.
Contohnya Kawasaki W175, Kawasaki KLX 150, Benelli Patagonian Eagle, dan lainnya. Alasan pabrik masih memakai sistem karbu. Sebab regulasi atau aturan pemerintah di Tanah Air ini diizinkan. Kemudian pemakai sistem karbu tetap masih banyak.
Hal ini menjadi karburator memiliki cara kerja yang cukup sederhana dan tidak intervensi sistem teknologi komputer. Jadi pada saat terjadi kerusakan, begitu mudah untuk perbaikan. Harga dan komponen dari karbu juga terbilang sangat murah.
Kembali ke cara kerja mesin 4 tak. Untuk kamu yang tetap pengen tahu dengan cara kerja motor 4 tak, sebaiknya kamu simak terus di bawah ini. Terlebih mesin motor yang sedang kamu pakai ternyata memakai jenis ini.
Tentu dengan tahu cara kerjanya, kamu bakalan dapat lebih terkoneksi dengan sepeda motor.
Cara Kerja Mesin 4 Tak
Di pergerakan atau cara kerja mesin 4 tak di dalam menghasilkan kecepatan atau tenaga, butuh setidaknya 4 tahap. Dari keempat tahap ini yaitu cara kerja mesin 4 tak hisap, kompresi, kerja dan buang gas.
Satu kali pergerakan motor 4 tak terjadi pada putaran sebanyak 2 kali. Putaran kruk 2 kali itu dari tahap hisap atau setengah putaran + tahap kompresi sebagian putaran + tahap kerja sebagian putaran, dan tahap buang gas sebagian putaran.
Jika semuanya dikalkulasi dengan secara keseluruhan, dalam 2 kali siklus kruk as atau juga 360 derajat, mesin pada motor 4 tak mendapatkan power atau tahap kerja.
Apabila dijumlah, dalam 2 kali siklus kruk as atau 360 derajat bisa mendapatkan power atau tahao kerja pada mesin motor 4 tak. Putaran cara kerja mesin 4 tak kerja mesin dari motor 4 tak.
Terbilang 4 tak sebab ada empat tahap yang terjadi Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kerja pada mesin motor 4 tak terdiri dari penghisapan, kompresi, kerja dan buang gas.
Seluruh tahap ini mempunyai fungsi yang tentunya berbeda beda untuk mendapatkan dorongan power atau tenaga.
Dari hasil pembakaran sebuah mesin empat tak ini, tenaga atau power kemudian akan dikirim ke transmisi yang kemudian nantinya menggerakkan sebuah roda pada belakang motor. Sampai akhirnya dapat melaju dengan lancar.
Untuk kamu yang ingin tahu secara lengkap tentang cara kerja mesin 4 tak, berikut merupakan pembahasan secara detail langkah langkah atau tata caranya:
1. Proses Hisap dari Motor Cara Kerja Mesin 4 Tak
Proses hisap di cara kerja mesin 4 tak motor 4, klep atau batok hisap akan membuka dan piston pun turun untuk menghisap sebuah campuran udara dan juga sebuah bahan bakar.
Selanjutnya, nanti bahan bakar bisa masuk pada ke dalam silinder di mesin sepeda motor. Banyaknya jumlah atau takaran bahan bakar yang sedang terbakar di dalam proses pembakaran bisa berpengaruh terhadap produksi tenaga mesin.
Prosesnya yaitu piston bakalan bergerak dari titik awal atau titik mati atas TMA pergi ke titik mati bawah TMB, Nanti klep in ini terbuka dan klep yang Ex bakalan tertutup sehingga sebuah bahan bakar bakalan masuk ke silinder motor cara kerja mesin 4 tak..
Dari Kruk as bakalan berputar sejauh 180 derajat, dan noken as berputar sebesar 90 derajat. Selanjutnya dari tekanan negatif piston akan menghisap kabut oleh sebuah karbu dan juga terhisap lewat intake port.
2. Menghasilkan Sebuah Kompresi atau Compression
Tujuan dari tahap pada motor cara kerja mesin 4 tak yaitu untuk meningkatkan sebuah temperature sehingga campuran dari bahan bakar dan juga udara akan menjadi senyawa.
Rasio atau perbandingan dari proses ini tentunya bakalan berhubungan erat dengan cara produksi tenaga atau power pada mesin.
Cara kerjanya yaitu dari piston yang titik mati bawah TMB pergi ke titik mati atas TMA, nah nanti klep in akan menutup dan klep Ex tertutup. Sehingga udara atau gas di dalam ruang bahan bakar bisa menghasilkan kompresi.
Selanjutnya, nanti cara kerja mesin 4 tak kruk as akan mencapai satu rotasi penuh atau dengan rotasi 360 derajat, noken as mencapai rotasi 180 derajat.
3. Langkah Tenaga Atau Power Pada Motor Cara Kerja Mesin 4 Tak
Cara kerja mesin 4 tak motor yang selanjutnya diawali dengan menyalakan sebuah busi yang akan terbakarnya sebuah bahan bakar atau udara. Dari proses itu bakalan menyebabkan sebuah ledakan yang bikin mendorong piston ini turun ke silinder bore
Pada posisi linier itu dapat diubah menjadi gerak sebuah rotasi dari kruk AS yang nantinya diteruskan ke flywheel. Prosesnya yaitu terjadinya ledakan pada ruang bakar yang akan menyebabkan piston dari titik mati atas TMA ke titik bawah TMB.
Pada saat klep in tertutup, sebelum akhir tahap klep buang mulai sedikit demi sedikit terbuang. Lewat proses ini yang akan terjadi sebuah transformasi energi atau tenaga bolak balik piston jadi sebuah energi rotasi dari kruk AS.
Putaran kruk AS dapat mencapai rotasi 540 derajat dan juga putaran noken AS mencapai rotasi 270 derajat cara kerja mesin 4 tak.
4. Proses Buang Ke Knalpot
Setelah sudah terjadi terhadap proses pembakaran di motor cara kerja mesin 4 tak, perlu gas bakar yang wajib terbuang. Piston dari titik mati bawah TMB akan naik lagi ke atas atau titik mati atas TMA bersama dengan klep yang buang terbuka.
Sehingga pada gas hasil pembakaran ini bakalan terbuang ke knalpot. Pada proses gas buang ke knalpot ini Piston bakalan naik dari titik mati bawah TMB ke titik mati atas TMA.
Berikutnya yang menghasilkan separuh putaran kruk as rotasi 180 derajat. Siklus dari cara kerja mesin 4 tak akan berulang sampai pengendara sepeda motor mematikan kontak dan tidak terdapat percikan dari api busi sampai mesin mati atau mogok.
Kendala Atau Yang Akan Terjadi Di Cara Kerja Mesin 4 Tak
Meskipun cara kerja mesin empat tak merupakan pembaharuan dari mesin 2 tak. Bukan berarti ini merupakan sistem yang cukup sempurna. Sejumlah masalah yang masih mungkin terjadi.
Terlebih jika kamu tidak melakukan perawatan atau servis mesin secara berkala atau minimal 2 bulan sekali. Nah pada di bawah ini merupakan penjelasan sebuah cara kerja mesin empat tak yang akan bermasalah pada saat digunakan.
Ada beberapa kemungkinan dan kendala yang terjadi di jalanan. Maka itu dengan ada penjelasan ini kamu bisa antisipasi atau bisa memperbaiki secara mandiri. Baca dengan baik pada bagian kendala di bawah ini.
1. Cara Kerja Mesin 4 Tak Bermasalah Yang Menjadi Motor Ngebul
Kendala pada mesin ngebul di motor 4 tak jika kinerja mesin tidak bekerja dengan maksimal, bisa mengakibatkan keluarnya sebuah asap putih yang cukup menyengat di knalpot motor. Sebabnya karena piston pada motor yang sudah goyang.
Kemungkinan yang lainnya, bisa saja sebab ring piston sudah aus atau tipis dan setang dari piston yang terkendala menyebabkan oli merembes atau bocor ke ruang bahan bakar mesin.
Pada saat oli sudah bercampur dengan tempat bahan bakar, maka akan terjadi sebuah kepulan asap secara bersamaan dengan keluarnya gas dari sisa pembakaran knalpot. Jika hal ini sudah terjadi, sebaiknya kamu pergi dan cek ke bengkel.
Paling ringan untuk memperbaikinya yaitu dengan mengganti ring piston. Cuman saja untuk masalah yang berat, bisa jadi harus mengganti piston. Pastinya biaya ini mahal karena harus ganti 1 piston bukan part part lain..
2. Tenaga Atau Power Yang Dihasilkan Akan Menurun
Kerja mesin motor 4 tak yang akan menurun yang menyebabkan motor mati pada saat kamu gas, bisa jadi karena mesin overheat. Karena itu kamu jangan lupa isi atau ganti oli.
Permasalahan atau kendala lain yang akan terjadi pada saat mesin motor mengalami sebuah kendala yaitu tenaga atau power motor yang secara tiba tiba menurun, walaupun pedal gas sudah ditarik sedalam dalamnya.
Masalah ini pasti terjadi karena komponen dari piston ataupun ring piston telah tidak kuat lagi untuk mendorong gas secara optimal.
Jadi kompresi mesin juga bakalan menurun, akibatnya dari proses pembakaran menjadi tidak optimal sehingga tenaga yang didapatkan sangat kecil.
Dari permasalahan satu ini, kamu harus sangat teliti. Karena kendala yang akan terjadi biasanya sebab pemasangan piston atau ring piston yang tidak betur. Dan usia dari pemakaian juga akan berpengaruh kinerja mesin yang bakalan menurun.
Bisa juga motor yang kamu pakai selalu membawa barang atau kerja berat yang melebihi dari kapasitasnya.
3. Mesin Motor 4 Tak Yang Sulit Dihidupkan
Kerja mesin yang tidak maksimal dapat mengakibatkan motor tiba tiba mati atau mogok. Gejala lain yang dapat kamu rasakan, pada saat mesin mengalami kendala biasanya sulit untuk distarter dan juga sering mogok pada tengah perjalanan.
Penyebabnya bisa jadi karena piston sudah rusak yang bikin dinding silinder yang bakalan aus menyebabkan oli akan masuk ke ruang bahan bakar.
Apabila masalah terjadi, dapat mengakibatkan masalah yang baru, yaitu busi yang selalu mati ataupun motor yang sulit dihidupkan. Dari kendala ini biasanya bakal memunculkan bau kebakar dan bau knalpot yang tidak sedap.
Akhir Kata
Nah itu dia merupakan penjelasan singkat tentang cara kerja mesin empat tak yang bisa kamu baca di situs ini. Semoga adanya pembahasan ini kamu bisa merawat dan juga bisa mengatasi sebuah masalah yang ada. Sekian dari kami dan terima kasih.