Tertarik untuk bekerja di Jepang? Tidak hanya lulusan D3, S1 atau jenjang pendidikan yang lebih tinggi saja bisa melamar. Kamu yang saat ini memegang ijazah SMA pun tetap bisa berhasil untuk bekerja di Jepang. 

 

Apalagi di zaman modern yang serba mudah, seperti untuk memperoleh informasi soal lowongan TKI Jepang tidaklah sulit. Tinggal bagaimana kamu bisa memenuhi persyaratan yang dimiliki oleh perusahaan yang membuka lowongan tersebut. 

 

Bagi kamu yang sudah berencana untuk bekerja di Jepang, ikuti bagaimana cara agar berhasil. 

 

Mengapa Memilih Bekerja di Jepang?

Mengapa Memilih Bekerja di Jepang?

 

Apa yang membuat kamu harus memilih lowongan TKI Jepang? Mengapa tidak memilih negara Asia lain seperti Cina, Korea Selatan atau bahkan negara di Eropa? Jepang bisa jadi negara pertama pilihan kamu untuk mencari pekerjaan. 

 

Ada beberapa alasan yang menjadikan Jepang menjadi negara yang kamu pilih untuk bekerja. Khususnya jika kamu memiliki antusiasme terhadap negara yang satu ini. Kamu bisa mewujudkan impianmu selama ini untuk bekerja di negara Sakura. 

  • Mempelajari Kebudayaan Jepang

Bagi kamu yang memang sudah tertarik dari awal dengan Jepang, tentu adanya lowongan untuk bekerja di sana adalah kesempatan yang cukup besar. Ada begitu banyak kebudayaan yang bisa kamu pelajari. 

 

Terlebih lagi dalam dunia kerja, Jepang terkenal sebagai negara yang tingkat kedisiplinannya tinggi. Kedisiplinan pekerja di Jepang tidak kalah dengan negara Eropa seperti Jepang atau Inggris. 

  • Negara Maju yang Cukup dekat dengan Indonesia

Jepang juga menjadi negara yang sudah maju tetapi dekat dengan Indonesia. Tidak seperti Amerika atau Eropa yang butuh lebih dari 12 jam untuk penerbangan. Jika ingin ke Jepang kamu bisa menempuh selama 7 hingga 8 jam penerbangan saja. 

 

Artinya tiket pulang pergi tidak akan semahal jika kamu ingin bekerja di negara maju di wilayah Amerika atau Eropa. Jadi tidak masalah jika kamu masih bekerja di negara maju di Asia. 

  • Menyediakan Lowongan Cukup Banyak untuk Lulusan SMA

Inilah yang menjadikan alasan utama mengapa Jepang begitu banyak dipilih. Ketika negara lain mengharuskanmu untuk memiliki ijazah minimal S1, di Jepang ada begitu banyak lowongan TKI Jepang bagi lulusan SMA atau SMK. 

 

Kesempatan ini tentu paling banyak ditunggu oleh masyarakat Indonesia yang ingin segera mendapatkan penghasilan dengan lebih besar. Sukses bekerja di Jepang dengan lulusan SMA tentu bisa menjadi kebanggaan tersendiri. 

  • Peluang Bekerja di Jepang Lebih Lama 

Bagi lulusan SMA yang berhasil bekerja di Jepang, kesempatan untuk bisa bekerja lebih lama pun sangat besar. Ketika kamu mendapati kontrak kerja hampir habis, beberapa perusahaan biasanya akan memperpanjang kontrak kerja lebih besar. 

 

Kamu yang mungkin saja awalnya masih pekerja magang, memiliki kesempatan untuk melanjutkan wawancara dan menjadi pegawai tetap. Menarik bukan? 

 

Cara Mendapatkan Lowongan Kerja TKI Jepang Lulusan SMA

 

Lowongan Kerja TKI Jepang Lulusan SMA

 

Apa alasan Jepang membuka lebih banyak lowongan lulusan SMA untuk pekerja asing? Alasannya adalah gaji SDM dari negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Vietnam, Filipina lebih rendah. 

 

Meskipun di sini kita menganggap gaji yang didapatkan lebih tinggi, tapi bagi perusahaan di Jepang gaji tersebut tergolong rendah. Jadi daripada mereka harus membayar tenaga kerja yang mahal dari masyarakat sendiri lebih baik menggunakan tenaga asing. 

 

Hal inilah yang menjadi kesempatan besar bagi kamu yang ada di Indonesia dan lulusan SMA untuk memanfaatkannya. Lowongan TKI Jepang begitu mudah dicari dan banyak jalan untuk bisa menjalaninya. 

 

Lalu bagaimana supaya kamu bisa mendapatkan lowongan kerja TKI Jepang lulusan SMA? Beberapa cara berikut ini akan sangat membantu. 

  • Memiliki Kemampuan Bahasa Jepang

Hal pertama yang harus kamu lakukan dan wajib dipenuhi adalah memiliki keterampilan berbahasa Jepang. Kamu akan belajar di negara asing, oleh karena itu menguasai bahasa mereka adalah kewajiban yang harus dipenuhi. 

 

Semua lowongan TKI Jepang yang tersedia baik untuk lulusan SMA atau di atasnya adalah mahir berbahasa Jepang. Kemahiran ini tentunya dibuktikan dengan sertifikat setidaknya N4 atau N5. 

 

Untuk mendapatkan sertifikasi itu kamu harus melalui tes bahasa Jepang. Bagaimana kamu bisa mengikuti tes dan lulus dengan nilai baik tentunya adalah dengan belajar.  Setahun sekali biasanya diadakan dua kali tes oleh Uji Kemampuan berbahasa Jepang atau JLPT. 

 

Selain JLPT kamu juga harus mengikuti JFT terlebih dahulu atau tes bahasa Jepang dasar sebelum masuk ke tingkat yang lebih sulit. 

  • Memiliki Sertifikasi Keahlian Khusus

Selain kemampuan bahasa, lowongan TKI Jepang biasanya juga mensyaratkan sertifikasi keahlian khusus. Sertifikasi ini tentu disesuaikan dengan posisi atau jenis lowongan yang dilamar. Tujuannya adalah membuktikan bahwa kamu memiliki dasar untuk area pekerjaan tersebut. 

 

Kamu yang lulusan SMA mungkin harus mengikuti kursus keterampilan tertentu sesuai yang disukai. Namun hal lebih mudah jika kamu adalah lulusan SMK yang sudah dibekali keterampilan khusus di sekolah. 

 

Ijazah SMK kamu bisa digunakan untuk melamar, sedangkan kamu yang SMA perlu menyertakan ijazah SMA dan keterampilan khusus. Dengan begitu kamu akan dipercaya oleh perusahaan penyelenggara. 

  • Mengikuti Program Praktek Kerja/ Magang

Sama halnya dengan murid SMK di Indonesia yang diharuskan mengikuti kerja magang, di Jepang juga menyelenggarakan hal yang sama. Bedanya program magang Jepang biasanya diikuti oleh siswa lulusan SMA atau SMK. 

 

Supaya dapat mengikuti program magang ini, kamu harus menguasai bahasa Jepang. Selain itu durasi magang sendiri minimal 3 tahun yang sesuai dengan keahlian. 

 

Keunikan dari program magang ini adalah setelah selesai kamu akan mendapat kesempatan untuk bisa bekerja usai melalui tes keahlian. Baik itu tes praktek dan wawancara harus lolos. 

 

Cara inilah yang bisa memperpanjang waktu kamu supaya bisa terus bekerja di Jepang. Sangat menarik untuk diikuti kamu yang memiliki cita-cita ke Jepang bukan sekedar untuk liburan. 

  • Melamar Kerja Perusahaan Jepang di Indonesia

Tidak sedikit juga perusahaan Jepang yang beroperasi di Indonesia. Cara ini memang sedikit berbeda dengan tiga lainnya di atas. Kamu harus melamar ke perusahaan Jepang di Indonesia dan bekerja terlebih dahulu di Indonesia. 

 

Seiring berjalannya waktu dan bagaimana kamu bisa mengembangkan kemampuan, kesempatan untuk bekerja di Jepang pun bisa datang kapan saja. Kamu bisa mengajukan pindah untuk kerja di Jepang jika kemampuan sangat diakui. 

 

Proses pendaftarannya sendiri biasanya tidak jauh berbeda dengan perusahaan lain di Indonesia. Kamu pun harus memiliki kualifikasi yang dibutuhkan serta perlu sabar untuk memupuk ilmu selama bekerja setelah diterima. 

 

Perkiraan Gaji yang DIterima Saat Bekerja di Jepang

 

Gaji TKI Jepang

 

Berhasil mendapatkan lowongan TKI Jepang dengan salah satu cara di atas? Jika berhasil, berapakah penghasilan yang bisa kamu dapatkan? Gaji tentu jadi perhatian yang tidak boleh dilupakan, karena tujuan kamu bekerja tentu untuk mendapatkan uang. 

 

Soal gaji besarannya tentu lebih tinggi daripada di Indonesia, namun soal konsepnya tidak jauh berbeda dengan di Indonesia. Pemerintah Jepang menetapkan besaran pendapatan sesuai dengan kota atau wilayah. 

 

Jepang memiliki 8 region yang masing-masing memiliki UMR berbeda-beda sebagai berikut. 

 

  1. Tokyo, merupakan ibukota Jepang dengan upah tertinggi yaitu 907 yen. 
  2. Tohoku, memiliki upah 600 hingga 700 yen. 
  3. Kanto, memiliki upah 700 hingga 900 yen. 
  4. Chubu, memiliki upah 700 hingga 800 yen. 
  5. Kansai, memiliki upah 750 hingga 850 yen. 
  6. Chugoku, memiliki upah 600 hingga 750 yen. 
  7. Shikoku, memiliki upah 600 hingga 700 yen. 
  8. Kyusu and Okinawa, memiliki upah 600 hingga 750 yen. 

 

Jika kamu melihat upah ini per bulan tentu saja akan terlihat sangat sedikit, tapi ternyata upah tersebut dihitung berdasarkan per jam bukan hari atau bulan. Jadi misalnya kamu berhasil mendapatkan lowongan TKI Jepang di Tokyo maka sehari bisa memperoleh 941.103,2 rupiah dengan kurs 129,70. 

 

Jika dikalikan bekerja satu bulan sebanyak 26 hari maka upah per bulan yang didapatkan adalah 24 jutaan lebih. Sungguh pendapatan yang begitu menggiurkan bukan jika kamu dapat bekerja di Jepang. 

 

Apa Saja Syarat Lowongan TKI Jepang? 

 

Syarat Lowongan TKI Jepang?

 

Jangan langsung senang dulu, karena meskipun caranya mudah kamu perlu memenuhi semua syarat yang jadi penentu utama. Ada persyaratan umum yang mencakup fisik dan pendidikan, serta syarat administrasi. 

 

Berikut ini penjelasan dari masing-masing persyaratan yang harus kamu penuhi. 

  • Persyaratan Umum

Pada syarat pertama ini secara fisik pelamar harus sehat seperti gigi yang bagus tidak ompong, tidak bertato, tidak memiliki bekas tindikan. Pelamar juga tidak boleh buta warna, bekas jahitan, dan kaki normal. 

 

Usia yang dibutuhkan adalah 19 hingga 25 tahun dengan tinggi minimal 160 cm dengan berat 60 kg atau proporsional. 

  • Persyaratan Administrasi

Pada penyerahan berkas untuk seleksi, ada syarat administrasi yang harus dipenuhi seperti fotokopi KTP, KK, Akte kelahiran, Ijazah terakhir, Kartu kuning, SKCK, materai, surat lamaran kerja, surat izin orang tua, pas foto. 

 

Peserta juga harus menyertakan surat bahwa belum pernah mengikuti program magang jika kamu memilih jalur untuk praktek kerja. Berkas ini harus diberikan sebelum batas akhir pengumpulan. 

 

Jadi apakah kamu sudah siap untuk melamar lowongan TKI Jepang? Kamu bisa mempersiapkannya mulai dari sekarang. Untuk pendaftaran kamu bisa melakukannya langsung melalui Westwork.id.