Ausbildung Perawat: Syarat, Gaji dan Cara Daftarnya

Ausbildung Perawat — Saat ini kebutuhan tenaga perawat di Jerman jauh melampaui tenaga ahli yang tersedia. Hal ini dikarenakan rendahnya minat penduduk Jerman dalam memilih karir di bidang keperawatan. 

 

Untuk mengatasinya, pemerintah Jerman berupaya menjalankan berbagai program untuk mendatangkan tenaga kerja dari negara lain yang bersedia bekerja di bagian ini.

 

Salah satu program yang dilakukan adalah Ausbildung perawat. Ausbildung perawat adalah jurusan Ausbildung yang memiliki paling banyak tawaran lowongan pekerjaan yaitu sebanyak 2.700 lebih.

 

Tentu saja ini menjadi peluang bagi pencari kerja di Indonesia karena kesempatan bekerja di negara maju seperti Jerman akan sayang untuk dilewatkan.

 

Maka dari itu, artikel ini akan memberikan pedoman lengkap mengenai Ausbildung perawat untuk kamu yang berminat untuk mengikutinya.

 

Kamu bisa menemukan info terkait Ausbildung ini seperti syaratnya, jalur karirnya, harapan gaji dan cara mendaftarnya.

 

Definisi Ausbildung Perawat

Definisi Ausbildung Perawat

 

Ausbildung Perawat, atau dikenal dengan nama Ausbildung zur Pflegefachleute di Jerman, adalah jurusan Ausbildung yang baru dibentuk pada tahun 2020 lalu.

 

Sebelumnya pelatihan keperawatan dibagi berdasarkan spesialisasinya. Akan tetapi setelah tahun 2020, pelatihan tersebut digabung menjadi satu program yang bernama Ausbildung perawat ini.

 

Pelatihan Ausbildung perawat berlangsung selama 3 tahun yang dilakukan di sekolah kejuruan dan di perusahaan magang. 

 

Di sekolah kejuruan, peserta akan mendalami teori dan keahlian yang harus dimiliki seorang tenaga perawat dan kemudian mempraktikkan apa yang telah dipelajari dengan bekerja sebagai pemagang di lembaga kesehatan yang mempekerjakan mereka. 

 

Kurikulum pelatihan telah dipaketkan berdasarkan aktivitas dan tempat kerjanya. Berikut ini beberapa pekerjaan yang akan dijalani:

 

  • Pekerjaan di bidang geriatric care (panti jompo)

Lapangan pekerjaan dari geriatric care meliputi tempat panti jompo ataupun perawat pribadi untuk seorang lansia. Perawat di bidang ini bertugas mengurus seorang berkebutuhan khusus karena pengaruh usia/lanjut usia.

 

Beberapa deskripsi kerjanya yaitu menyiapkan obat-obatan sehari-hari, memotivasi pasien untuk melakukan kegiatan produktif, menjadi teman bicara yang baik dan mengurus jadwal kunjungan ke dokter.

 

  • Pekerjaan di Kinder Krankenpflege (rumah sakit anak)

Perawat di bidang ini akan berlatih mengurus pasien anak yang sedang menjalani rawat jalan maupun rawat inap di klinik atau rumah sakit.

 

Di posisi pekerjaan ini, perawat bertugas melakukan perawatan medis basic kepada pasien anak seperti mengganti perban, mengisi ulang cairan infus, sesuai dengan perintah dari dokter.

 

Perawat anak juga harus mampu menyiapkan peralatan operasi, membantu dokter pada sesi pengobatan dan bertanggung jawab atas berkas-berkas berisi data pasien.

 

  • Pekerjaan di lembaga untuk Behindert (penyandang disabilitas)

Pekerjaan perawat yang satu ini akan sering bertemu dengan pasien penyandang disabilitas. Perawat diposisikan sebagai pemberi edukasi, bagaimana seorang pasien bisa hidup normal dengan menghadapi disabilitas yang dimiliki dalam kehidupan sehari-hari.

 

Selain penyembuhan fisik, perawat juga ditugaskan untuk meningkatkan moral atau semangat pasien dengan mengadakan program pelatihan dan juga rekreasi. 

 

Lapangan pekerjaan di bidang ini mencakup banyak tempat seperti lembaga sosial, panti jompo dan juga klinik rawat jalan.

 

  • Pekerjaan administrasi dan dokumentasi

Aktifitas ini wajib dipelajari semua spesialis perawat karena perawat harus memantau dan mendokumentasikan proses pemulihan pasien, baik berupa kemunduran maupun kemajuan.

Untuk itulah pelatihan mengatur dan menjaga arsip pasien sangat diperlukan dalam program Ausbildung perawat.

Untuk kegiatan administrasi, perawat bertanggung jawab atas penagihan bon kepada pasien dan juga mengatur ketersediaan obat-obatan serta alat pengobatan.

Gaji Ausbildung Perawat


Keuntungan Mengikuti Program Aupair Jerman

  • Tunjangan selama masa pelatihan

Selama menjalani kerja magang, peserta Ausbildung mendapatkan penghasilan berupa tunjangan dari perusahaan tempat mereka bekerja.

 

Besarnya akan meningkat setiap tahunnya yaitu sekitar €1150 di tahun pertama, €1200 di tahun kedua, dan €1350 di tahun terakhir.

  • Harapan gaji setelah lulus Ausbildung perawat

Besar gaji yang bisa diharapkan dari kualifikasi lulusan Ausbildung perawat cukup menghasilkan. Untuk gaji awal, pekerjaan perawat bisa menghasilkan gaji bulanan melebihi €2000 per bulan.

 

Setelah memiliki pengalaman selama 5 – 10 tahun bekerja gaji tersebut bisa meningkat di angka €2900. Bahkan di puncak karir, profesi perawat berpotensi mendapatkan uang sebesar €3500 per bulan.

 

Cara Mendaftar ke Program Ausbildung Perawat

Cara Mendaftar ke Program Ausbildung Perawat

 

  • Memenuhi Syarat

Untuk mengikuti Ausbildung perawat, pertama-tama kamu perlu memenuhi syarat dan ketentuan dasarnya  terlebih dahulu. Seperti jurusan Ausbildung lainnya, beberapa syarat umum yang perlu dipenuhi antara lain yaitu:

  • Memiliki sertifikat kemahiran Bahasa Jerman di tingkat B2.
  • Telah menyelesaikan tingkat pendidikan SMA/SMK.
  • Memiliki latar belakang akademik/keterampilan di bidang keperawatan dan punya bukti sertifikatnya.
  • Telah memiliki pengalaman bekerja di bidang keperawatan sebelumnya.
  • Minimal telah menginjak usia 18 tahun.

Setelah memenuhi syarat-syarat di atas, kamu bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya yaitu dengan mencari lowongan magang yang tersedia.

  • Mencari Lowongan Ausbildung Perawat

Pada tahap ini, kamu akan sering berselancar di Internet dan mencari informasi terkait lowongan pekerjaan di bidang Ausbildung perawat yang sedang dibuka.

Beberapa situs yang bisa kamu kunjungi antara lain adalah ausbildung.de. Di website tersebut, kamu bisa menemukan semua jurusan Ausbildung lengkap dengan penjelasan dan jenis pekerjaan yang ditawarkan.

 

Pelajarilah cara mengirimkan aplikasi pendaftaran ke perusahaan-perusahaan tersebut. Setiap perusahaan punya ketentuan dan syarat yang berbeda-beda, jadi jangan menyerah jika kamu belum menentukan lowongan yang sesuai dengan kualifikasi yang dimiliki.

 

Setelah mendaftar dan mengirimkan berkas-berkas, pihak perusahaan yang tertarik akan menghubungimu untuk melakukan interview kerja.

 

Jika mendapat kesepakatan dan perusahaan menerima kamu sebagai pemagang di tempat mereka, kamu akan dikirimkan surat asli kontrak kerja atau surat keterangan penerimaan dari Jerman. Nantinya berkas ini akan kamu gunakan saat mengajukan visa.

 

  • Cara Membuat Visa Ausbildung Perawat

Setelah mendapatkan kontrak kerja atau surat pernyataan diterima dari Unternehmen, kamu bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya dengan membuat visa Ausbildung.

 

Dalam menyiapkan pengajuan visa Ausbildung perawat, terdapat ketentuan tambahan yang lebih spesifik dari jurusan Ausbildung lainnya. Pembuat visa akan dimintai menyerahkan dokumen-dokumen  berupa:

 

  • Formulir/Angaben pengajuan visa Ausbildung yang sudah diisi lengkap dan ditandatangani.
  • Paspor yang masih berlaku terhitung pada masa tinggal peserta Ausbildung.
  • Surat konfirmasi penerimaan magang di perusahaan (bisa berupa Arbeitsvertrag/kontrak kerja atau surat pernyataan dari perusahaan).
  • Tanda kemampuan finansial, yaitu bukti bahwa peserta Ausbildung Jerman mampu menghidupi dirinya secara finansial saat tinggal di Jerman.
  • Ijazah terakhir dan transkrip nilai.
  • Sertifikat kemampuan Bahasa Jerman.
  • Bukti surat pengakuan yang menyatakan peserta Ausbildung diizinkan menjalani profesi perawat karena memiliki kualifikasi kerja yang sesuai standar health care di Jerman.

Semua dokumen di atas harus diterjemahkan ke dalam Bahasa Jerman (kecuali paspor) dan diserahkan kepada pihak kedutaan Jerman untuk mengurus pembuatan visa.

Setelah melakukan wawancara, jika pengajuan kamu disetujui oleh pihak kedutaan, maka dalam beberapa minggu kamu sudah bisa mendapatkan visa Ausbildung tersebut.

 

  • Pra-keberangkatan

Persiapan yang harus dilakukan sebelum berangkat ke Jerman tentunya memesan tiket untuk perjalanan ke Jerman. Selain itu kamu juga harus mengantongi uang untuk biaya hidup setidaknya selama satu bulan.

 

Mencari akomodasi juga penting. Carilah tempat tinggal yang bisa kamu tempati segera setelah tiba di Jerman untuk beberapa hari. Setelah sampai di Jerman barulah kamu mencari tempat tinggal tetap yang dekat dengan tempat kerja dan aksesnya mudah. 

 

Perlengkapan lainnya yang perlu dibawa juga jangan sampai terlupakan. Bawalah pakaian yang cukup dan sesuai dengan musim di Jerman. Selain itu cari tahu juga provider telepon yang bisa dipakai di sana untuk memenuhi keperluan komunikasi dan internet.

 

Dan yang terakhir, pastikan saat sampai di Jerman visa kamu sudah aktif. Jika belum kemungkinan terburuknya adalah kamu harus pulang lagi ke Indonesia karena dianggap sebagai pendatang ilegal. 

 

Program Persiapan Ausbildung di Studiva

Program Persiapan Ausbildung di Studiva

Proses pendaftaran Ausbildung memang panjang dan cukup menyita waktu dan tenaga. Jika kamu ingin mendaftar dengan cara yang lebih mudah, kamu bisa mengikuti program Ausbildung yang disediakan oleh lembaga Studiva

 

Program persiapan di Studiva memiliki agenda yang lengkap dalam mempersiapkan semua syarat, kebutuhan serta dalam melewati semua tahap pendaftaran dari Ausbildung perawat. 

 

Selain kemudahan tersebut, kamu juga akan mendapatkan jaminan diterima masuk ke perusahaan pilihanmu karena tim Studiva sudah punya pengalaman dan keahlian yang mumpuni dalam mempersiapkan pesertanya untuk mengikuti program-program ke luar negeri.

 

Ayo segera daftar ke Studiva, supaya cita-citamu untuk bisa bekerja di Jerman dapat terwujud.

[wpforms id=”58053″]

Dan untuk informasi lebih lanjut seputar cara daftarnya maka bisa isi biodata Kamu di form diatas ini.