Berangan-angan untuk bisa sekolah perhotelan? Apalagi sektor pariwisata meningkat dan banyak sekali lowongan hotel menjadi alasan yang tepat untuk menekuni pendidikan bidang ini. 

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

 

Tapi jangan hanya bersekolah di Indonesia saja, Anda bisa mengikuti Ausbildung Perhotelan di Jerman. Sertifikat yang didapatkan pun bisa digunakan untuk melamar pekerjaan di negara lain. 

 

Seperti apakah Ausbildung yang diadakan di Jerman ini? Anda bisa simak informasi lengkapnya berikut. 

 

Apa Itu Ausbildung Perhotelan?

Apa Itu Ausbildung Perhotelan

 

Ausbildung Jerman merupakan program sekolah kejuruan profesi ini memiliki banyak sekali pilihan jurusan. Salah satunya adalah perhotelan yang akan meluluskan tenaga ahli bidang perhotelan. 

 

Pendidikan akan ditempuh selama tiga tahun yang mengkombinasikan teori dan juga praktek. Penyelenggaraan praktik pun langsung di lapangan yaitu bekerja di hotel. 

 

Para peserta Ausbildung akan dianggap sebagai staff sehingga mendapat perlakuan yang sama. Peserta juga akan mendapatkan gaji selama bekerja walaupun tidak penuh layaknya karyawan. 

 

Selama mengikuti pendidikan, ada beberapa tugas manajer hotel yang akan dipelajari seperti berikut ini. 

  • Kuchernabeiten


Anda akan mempelajari soal bagaimana menyiapkan bahan makanan yang akan digunakan di dapur. Tujuannya adalah untuk menjaga agar stok bahan makanan selalu tersedia sesuai dengan jumlah tamu hotel. 

  • Restaurant Beiten


Setiap hotel yang memiliki restoran perlu pengelolaan terbaik. Pada Ausbildung perhotelan Anda akan belajar bagaimana cara melayani tamu dengan baik. Mulai dari memesan makanan, menawarkan menu, menyajikan dan pembayaran. 

 

Ilmu ini nantinya tak hanya bisa dipraktekkan di hotel tetapi juga restoran berbintang. Begitu juga dengan manajer hotel di kapal pesiar juga perlu tahu soal ilmu ini. 

 

Baca Juga: Ausbildung Koch: Pengertian, Syarat dan Gajinya

  • Housekeeping


Pelayanan kamar di hotel sangat penting untuk menjaga kenyamanan para tamu. Housekeeping memiliki tanggung jawab soal kebersihan kamar. Anda akan belajar bagaimana cara kerja housekeeping. 

 

Baik itu membersihkan kamar sesudah digunakan tamu dan juga menyediakan barang-barang yang dibutuhkan di setiap kamar. 

  • Rezeption


Banyak sekali informasi yang bisa didapatkan di hotel melalui reception. Anda juga akan belajar bagaimana cara menjadi resepsionis yang profesional. Mulai dari melayani tamu untuk check ini sampai memberikan informasi lainnya. 

 

Begitu juga cara untuk memberikan pelayanan yang terbaik dari telepon atau lainnya yang dibutuhkan oleh konsumen. Apalagi Anda akan melayani banyak tamu dari berbagai negara dengan budaya berbeda. 

  • Im Buero 

 

Administrasi hotel juga harus dipelajari, karena divisi ini sangat penting dan berhubungan langsung dengan akuntansi. Karena tenaga ahli perhotelan harus tahu bagaimana keseluruhan manajemen yang baik. 

 

Mengapa Memilih Ikuti Ausbildung Perhotelan

Mengapa Memilih Ikuti Ausbildung Perhotelan

 

Dibandingkan dengan sekolah kejuruan perhotelan di Indonesia, praktek pada Ausbildung di Jerman lebih banyak waktunya. Anda juga akan belajar kebudayaan berbeda dengan taraf internasional. 

 

Pengalaman yang didapatkan tentu jauh lebih banyak dan kesempatan untuk melanjutkan kerja di luar Indonesia cukup tinggi. Bukan hanya itu saja, masih banyak keunggulan lain mengikuti Ausbildung di Jerman jurusan perhotelan berikut. 

  • Prospek Kerja 

 

Ada banyak sekali prospek kerja yang didapatkan oleh lulusan Ausbildung perhotelan. Anda bisa bekerja di hotel atau resort, bisa juga di wedding atau event organizer. 

 

Kesempatan untuk bekerja di bidang F&B pun terbuka lebar karena banyak materi yang akan dipelajari pada bidang ini. Bahkan Anda yang memiliki modal juga bisa membuka usaha pariwisata. 

 

Baca Juga: Ausbildung Perawat: Syarat, Gaji dan Cara Daftarnya

  • Mendapatkan Gaji 

 

Keuntungan yang kedua adalah selama bekerja di perusahaan, Anda akan mendapat 

gaji.

 

Jumlahnya pun sangat cukup untuk bisa tinggal dengan nyaman di Jerman sampai lulus Ausbildung. 

 

Gaji akan diberikan per bulannya dan meningkat setiap tahunnya. Usai lulus Anda pun akan mendapatkan gaji yang setara dengan karyawan di sana. Bahkan peluang untuk kerja di perusahaan yang sama terbuka lebar. 

  • Biaya Hidup yang Ditanggung 

 

Bagaimana dengan akomodasi dan konsumsi selama tiga tahun Ausbildung? Tenang saja perusahaan penyelenggara sudah mempersiapkan akomodasi dan makan kepada semua peserta. 

 

Biaya ini tidak perlu Anda pikirkan segera setelah diterima. Jadi gaji yang didapatkan utuh dan bisa Anda gunakan untuk keperluan lainnya. 

  • Kesempatan Melanjutkan Pendidikan 

 

Ausbildung yang memberikan sertifikat tenaga ahli perhotelan bukan satu-satunya pendidikan terakhir yang bisa Anda tempuh.

 

Karena Ausbildung yang setara dengan sekolah profesi, artinya masih ada pendidikan lagi yang bisa diikuti. 

 

Misalnya saja Pada ingin melanjutkan ke master hotel bersertifikasi. Bisa juga untuk mengikuti kualifikasi masuk ke universitas. Baik itu manajemen dan pariwisata kamu bisa melanjutkan pendidikan tersebut. 

 

Besaran Gaji Peserta Ausbildung Perhotelan

Besaran Gaji Peserta Ausbildung Perhotelan

 

Berapakah gaji Ausbildung perhotelan? Anda yang melirik program ini juga akan memberikan gaji pasti penasaran dengan jumlahnya. Tentu jika dibandingkan dengan di Indonesia akan berbeda sangat jauh. 

 

Mata uang di Jerman adalah euro dan menjadi salah satu mata uang dengan nilai tertinggi. Jika gaji di Jerman dikonversi ke dalam rupiah maka jumlahnya akan sangat fantastis. 

 

Berikut ini rincian gaji yang akan Anda dapatkan jika mengikuti Ausbildung perhotelan di Jerman. 

  • Gaji pada Tahun Pertama 

 

Pada tahun pertama Anda akan langsung bisa mendapatkan kesempatan untuk bekerja. Kesempatan ini terbuka lebar bagi siapa saja yang mengikuti Ausbildung. Jumlahnya juga berbeda tergantung dengan level perusahaan. 

 

Biasanya gaji bermula dari 800 euro sampai 350 euro. Jika dikonversi maka jumlahnya sama dengan 14 juta hingga 15 juta rupiah. Ini akan Anda dapatkan di tahun pertama. 

  • Gaji di Tahun Kedua

 

Kenaikan gaji akan dirasakan setelah Anda menyelesaikan tahun pertama. Di tahun kedua ini penghasilan akan sedikit meningkat, dari 850 euro hingga 900 euro. Jumlahnya sama dengan gaji 15 juta hingga 16 juta rupiah. 

 

Biasanya di tahun kedua ini yang menentukan kenaikan adalah level perusahaan dan kemahiran yang berkembang dari tahun pertama. Jika ingin gaji semakin meningkat maka perluas keterampilan Anda. 

  • Gaji di Tahun Ketiga 

 

Pada tahun terakhir Ausbildung Anda bisa mendapatkan gaji kotor dari 900 euro hingga 950 euro. Apabila dijumlahkan dalam rupiah besarnya adalah 16 hingga 17 juta rupiah. 

 

Jumlah ini tentunya akan sangat berbeda ketika Anda magang perhotelan di Indonesia. Bahkan beberapa tidak memberikan gaji pada anak magang dengan waktu hanya maksimal sampai 6 bulan saja. 

 

Bagaimana dengan gaji setelah lulus dan mendapatkan sertifikat? Tenaga ahli perhotelan dihargai di tingkat internasional. Pada awal akrur Anda bisa mendapatkan 19.000 euro hingga 2100 euro. 

 

Besaran gaji tersebut adalah 32 juta hingga 35 juta rupiah. Jika semakin lama bekerja di bidang ini maka gaji juga bisa meningkat lagi. 

 

Syarat untuk Ikut Ausbildung Perhotelan

Syarat untuk Ikut Ausbildung Perhotelan

 

Sangat tertarik dengan program ini? Anda harus mulai mempersiapkan semua persyaratannya dari sekarang. Soal umur, siapa saja yang sudah berusia 18 tahun sudah bisa mendaftar. 

 

Selain itu ada beberapa syarat lain berupa dokumen dan keterampilan yang harus dipenuhi. 

  • Keterampilan Bahasa Jerman Level B2

 

Syarat pertama yang wajib dimiliki adalah keterampilan bahasa Jerman dimana Kamu dapat mempelajari di tempat kursus bahasa Jerman di Westwork.

 

Keterampilan ini wajib dimiliki karena akan menjadi dasar utama tinggal dan belajar.

 

Syaratnya pun harus disertai dengan sertifikat bahasa Jerman level B2. 

 

Pada level ini Anda seharusnya sudah bisa melakukan percakapan dan memahami materi pembelajaran dengan mudah. Selama tinggal di Jerman Anda juga masih memiliki kesempatan untuk terus belajar bahasa Jerman. 

  • Syarat Pendidikan Minimal Lulusan SMA/ SMK

 

Pendidikan juga menjadi syarat penting yang harus dipenuhi. Soal pendidikan ini Anda setidaknya harus lulus dari SMA atau SMK. Itu artinya tidak menutup kemungkinan Anda yang lulus Sarjana atau Diploma juga ikut mendaftar. 

 

Ijazah dan transkrip nilai harus disertakan sebagai bukti kelulusan dan kemampuan. Dokumen penting ini harus diterjemahkan dalam bahasa Jerman dengan penerjemah bersertifikat. 

  • Syarat Usia dan Dokumen Lainnya 

 

Untuk bisa mengikuti Ausbildung, ada syarat usia yang diberikan yaitu minimal 18 tahun. Anda yang sudah memenuhi semua syarat di atas dan telah berusia 18 tahun bisa langsung mendaftar. 

 

Selain usia ada juga syarat seperti pengalaman kerja yang sesuai, surat lamaran, CV dan surat motivasi. Semua dokumen ini harus disertakan dengan sertifikasi bahasa pada saat mendaftar. 

 

Mengikuti program Ausbildung perhotelan tidak jauh berbeda seperti melamar pekerjaan.

 

Anda hanya harus mengikuti semua persyaratannya dan mengumpulkan sebelum batas waktu yang ditentukan. 

 

Ingin dengan mudah mendaftar Ausbildung ke Jerman? Anda bisa langsung mendaftarkan diri ke Westwork. Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran bisa langsung menghubungi Kami dengan mengisi form diatas ini.

 

×