Salah satu negara maju yang ada di wilayah Asia adalah Jepang. Negara ini pun terkenal menjadi tujuan warga Asia lainnya untuk bekerja. Termasuk Indonesia, banyak masyarakat yang tertarik kerja di Jepang

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

 

Alasannya tentu bukan hanya negara ini maju saja, ada banyak hal yang bisa didapatkan. Kenali juga apa saja syarat untuk bisa bekerja di Jepang sampai cara mendaftarnya. 

 

Mengapa Memilih Jepang untuk Tempat Bekerja? 

Mengapa Memilih Jepang untuk Tempat Bekerja

 

Daya tarik Jepang sebagai negara tujuan bekerja cukup banyak. Pemerintah Jepang sendiri membutuhkan tenaga asing mengingat jumlah penduduknya yang telah mengalami penurunan. 

 

Akibatnya sektor industri melemah karena kekurangan SDM. Solusi yang diadakan oleh pemerintah Jepang adalah membuka lowongan kerja bagi tenaga asing. Tidak sedikit orang Indonesia yang berhasil bekerja di sana. 

 

Apabila dilihat dari pandangan masyarakat Indonesia yang tertarik kerja di Jepang, ternyata beberapa alasan inilah yang dikemukakan. 

 

  • Pendapatan yang Lebih Tinggi

     

Soal gaji memang sering menjadi alasan nomor satu. Mata uang Yen di Jepang nilainya lebih tinggi dibandingkan Rupiah di Indonesia. Artinya pekerja di Jepang akan mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi. 

 

Apalagi nilai mata uang Yen ini ternyata yang tertinggi se Asia. Jika merasa bekerja di Amerika terlalu jauh, kamu bisa memilih Jepang yang penghasilannya cukup tinggi. 

 

  • Belajar untuk Bekerja dengan Fokus

     

Dilihat dari cara kerja di Jepang yang bisa memajukan negaranya tentu patut diacungi jempol. Itu artinya, masyarakat asing yang berkesempatan bekerja di sana akan memperoleh kedisiplinan bekerja. 

 

Ada beberapa peraturan yang akan membuat pekerja lebih fokus. Seperti ketika bekerja handphone akan disimpan. Waktu istirahat pun wajib digunakan dan tidak boleh lanjut bekerja. 

 

Di Jepang, pekerja akan belajar bagaimana cara menghargai dan memanfaatkan waktu secara maksimal. Budaya kerja yang bagus ini tentunya patut ditiru. 

 

Baca Juga: Mengulik Persyaratan TKI Jepang, Gaji sampai Cara Daftarnya

 

  • Kesempatan untuk Berkembang

     

Tinggal untuk bekerja di Jepang membuat siapa saja bisa memperoleh informasi yang lebih akurat. Misalnya jika berniat untuk melanjutkan kuliah, kamu bisa mencari informasi mengenai pendaftarannya. 

 

Sama halnya ketika kamu ingin melanjutkan pekerjaan di perusahaan lain yang lebih menjanjikan. Sambil bekerja, kamu bisa mencari informasi lowongan kerja yang lebih baik lagi. 

 

Kesempatan ini bisa membuat kamu jadi pribadi yang lebih berkembang tentunya. Bahkan bisa tinggal di Jepang lebih lama lagi. 

 

  • Mempelajari Kebudayaan Orang Jepang

     

Selain gaji kerja di Jepang yang tinggi dan kedisiplinan, budaya di sana juga cukup menarik untuk dipelajari. Budayanya sangat beragam dan kamu bisa mengenali lebih banyak area di Jepang ketika waktu libur. 

 

Berkenalan dengan lebih banyak orang dan menjalin relasi adalah kesempatan sekali seumur hidup yang bisa didapatkan. Jadi selama bekerja di Jepang kamu harus memanfaatkannya semaksimal mungkin. 

 

Mengintip Berbagai Persyaratan Kerja di Jepang 

 

Mengintip Berbagai Persyaratan Kerja di Jepang 

Ada begitu banyak pilihan jenis pekerjaan yang dibuka bagi warga asing. Misalnya saja mengikuti program magang selama setahun. Ada juga tenaga perawat atau caregiver. 

 

Kamu bahkan bisa bekerja ketika memiliki keterampilan khusus seperti memasak, mengajar atau skill lainnya. Hanya saja semua pekerjaan ini dapat diraih jika kamu memenuhi semua persyaratannya. 

 

Apa saja syarat agar bisa kerja di Jepang bisa disimak berikut ini. 

 

  • Menguasai Bahasa Jepang

     

Syarat wajib yang pertama adalah menguasai bahasa Jepang. Tanpa menguasai bahasanya, mustahil bagi kamu untuk bisa bekerja apalagi diterima. Menguasai bahasa Jepang dasar adalah kuncinya. 

 

Mulai dari kemampuan bercakap-cakap sehari-hari dan urusan bisnis. Tidak perlu terlalu fasih, karena selama bekerja kamu masih bisa terus belajar. Dibutuhkan sertifikat setelah mengikuti Japan Language Proficiency Test untuk melamar. 

 

Setidaknya sertifikat JLPT ini sampai level N2 yang menandakan keterampilan berbahasa yang dimiliki mencukupi, berikut dibawah ini adalah berbagai persyaratan kerja di Jepang.

 

  1. Syarat Umum

     

Selain keterampilan berbahasa ada beberapa syarat umum yang wajib dipenuhi. Mulai dari usia, jika melamar ke perusahaan negeri maka syaratnya adalah usia 19 hingga 26 tahun. 

 

Sedangkan untuk perusahaan swasta syarat usia adalah 18 hingga 30 tahun. Soal fisik, tinggi badan minimal 160 cm untuk pria dan wanita adalah 150 cm. 


Pelamar juga tidak boleh memiliki penyakit mata dan kulit atau penyakit serius lainnya. Biasanya diperlukan syarat surat kesehatan dari dokter yang ditunjuk oleh lembaga atau perusahaan yang dilamar. 

 

  • Syarat Administratif

     

Selain syarat umum untuk kerja di Jepang masih ada syarat lain yang sifatnya administratif. Biasanya syarat ini disesuaikan dengan jenis pekerjaan karena ada skill khusus yang diperlukan. 

 

Namun secara umum, syarat administratif yang dibutuhkan adalah surat lamaran dan formulir pendaftaran kerja. KTP dan KK,  Kartu Pencari kerja atau AK1, SKCK, ijazah dan transkrip nilai. 

 

Diperlukan juga pas foto, jika perusahaan meminta keterampilan tertentu maka harus dilampirkan dalam bentuk sertifikat. Semua dokumen ini nantinya juga harus diterjemahkan atau ditulis dalam bahasa Jepang. 

 

Perkiraan Gaji Bekerja di Jepang 

Gaji TKI Jepang

Penghasilan menjadi daya tarik terbesar yang membuat banyak orang ingin kerja di Jepang. Berapa besaran gaji yang akan diterima warga negara asing ketika bekerja? 

 

Perkiraan gaji in bervariasi tergantung dengan jenis pekerjaan dan pengalaman pelamar atau jabatannya. Hal ini tentu tidak jauh berbeda dengan di Indonesia, hanya saja mata uangnya berbeda. 

 

Khusus pekerja yang berpengalaman dan memiliki keterampilan khusus bisa mendapatkan penghasilan sampai 26 juta rupiah per bulan. Biasanya yang mendapatkan gaji ini adalah pengasuh lansia. 

 

Baca Juga: Cara Mudah Mendapatkan Lowongan TKI Jepang untuk Lulusan SMA

 

Jepang sendiri memiliki nilai rata-rata gaji adalah 120 ribu rupiah per jam. Karyawan harus bekerja selama 12 hingga 18 jam per harinya. Gaji bekerja di Jepang ini bisa lebih banyak ditabung jika kamu mendapatkan mess. 

 

Sehingga tidak perlu memikirkan soal akomodasi selama tinggal di Jepang. 

 

Bagaimanakah Cara Kerja di Jepang? 

Bagaimanakah Cara Kerja di Jepang

 

Bagaimana cara kerja di Jepang dan bagaimanakah pendaftaran kerja di negara Jepang berlangsung? Kini kamu tidak harus tinggal dulu di Jepang untuk mencari pekerjaan. 

 

Semua prosesnya bisa dilakukan dari Indonesia secara online. Mulai dari mengirim berkas sampai dengan proses wawancara semuanya dilakukan di Indonesia. 

 

Apabila kamu sudah diterima baru mulai mengurus dokumen seperti paspor dan visa, sisanya bisa langsung bekerja di sana. Soal cara mendaftarnya ada beberapa pilihan sebagai berikut:

 

  • Mengikuti Program Magang dari Pemerintah

     

Cara kerja di Jepang yang pertama adalah dengan melalui Kenshusei atau magang yang diselenggarakan oleh Depnaker. Cara ini sudah pasti resmi karena dikelola oleh pemerintah Indonesia langsung. 

 

Kelebihan jalur ini adalah tidak membutuhkan pendidikan tinggi. Kamu yang lulusan SMA bisa langsung bekerja melalui jalur ini. Beberapa jenis pekerjaannya adalah di bidang peternakan, pertanian atau pabrik. 

 

Kamu tinggal mendaftar langsung ketika Depnaker membuka lowongan magang yang biasanya diselenggarakan setiap beberapa bulan sekali. 

 

  • Mencari Kerja Perusahaan Jepang di Indonesia

     

Apabila cita-cita kamu adalah bekerja di Jepang, mulailah untuk melamar ke perusahaan Jepang yang ada di Indonesia. Saat ini sudah banyak perusahaan Jepang yang berdiri di Indonesia. 

 

Kesempatan kamu untuk bisa bekerja di Jepang nantinya juga lebih tinggi jika perusahaan tersebut sering mengirim karyawan ke Jepang. Pastikan kamu selalu menunjukkan skill sehingga nantinya bisa terpilih. 

 

  • Bersekolah Dulu di Jepang

     

Meskipun cara kerja di jepang ini lebih panjang, namun peluang keberhasilannya cukup tinggi. Kamu bisa mengambil kuliah di Jepang terlebih dahulu. Sambil belajar, kamu bisa menggali informasi dan mencari relasi. 

 

Tentunya informasi lowongan kerja lebih mudah didapatkan ketika kamu bekerja di Jepang. Selama relasi kamu di Jepang luas maka lebih mudah lagi untuk bisa bekerja di sana. 

 

Kamu pun tidak perlu pulang ke Indonesia. Setelah lulus dan diterima kerja, kamu tinggal memperpanjang visa kerja saja. 

 

  • Magang melalui Jalur Swasta

     

Selain magang dengan tawaran dari pemerintah, beberapa asosiasi swasta di Indonesia juga menawarkan penyaluran tenaga magang ke Jepang. 

 

Kamu bisa mencari Accepted Organization yang resmi di Indonesia agar bisa ditempatkan magang di Jepang. Dibutuhkan modal sekitar 20 hingga 35 juta rupiah jika melalui jalur ini. 

 

Prosedurnya pun tidak terlalu ribet karena semuanya sudah diatur oleh organisasi tersebut. Bahkan penerbangan tenaga magang dilakukan setiap bulannya. 

 

Bagaimana, apakah kamu ingin mewujudkan cita-cita kerja di Jepang? Jika iya, asah dulu skill bahasa Jepang. Setelah itu kamu bisa mendaftar mencari kerja melalui Westwork.id

×