Impian bekerja ke Jerman bukan sekedar angan-angan belaka. Apalagi bagi Anda yang menekuni bidang keperawatan. Ada banyak lowongan kerja perawat di negara Jerman yang terbuka bagi siapa saja. 

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

 

Tidak sedikit juga warga Indonesia yang berhasil bekerja sebagai perawat di Jerman. Jika Anda adalah salah satunya yang tertarik, tentu harus mencoba bukan? 

 

Simak semua syarat dan cara mendaftarnya secara lengkap untuk persiapan agar bisa lolos. 

 

Mengapa Memilih Menjadi Perawat di Jerman? 

Mengapa Memilih Menjadi Perawat di Jerman

 

Tidak dapat dipungkiri bahwa bekerja di luar negeri jauh lebih menarik dibandingkan di Indonesia. Alasan utamanya tentu karena masalah gaji yang lebih tinggi. 

 

Khususnya Jerman yang terkenal dengan jam kerja lebih sedikit namun menawarkan penghasilan besar. Belum lagi jika gaji di Jerman dikonversikan ke rupiah jumlahnya tergolong fantastis. 

 

Alasan mengapa lowongan kerja perawat di Jerman begitu menarik secara khusus adalah sebagai berikut. 

  • Kisaran Gaji Perawat di Jerman

 

Mengintip gaji seorang perawat di Jerman yang pada akhirnya menjadi alasan mengapa bekerja sebagai perawat. Jika sudah berpengalaman minimal setahun gaji per bulan sekitar 1500 euro. 

 

Perawat yang sudah lulus ujian praktek Ners dan memiliki sertifikat B2 maka bisa mendapatkan gaji 2500 hingga 3000 euro. Jumlah yang cukup tinggi karena berkisar antara 24 juta sampai 50 juta rupiah. 

  • Lingkungan Kerja Baik untuk Meningkatkan Keterampilan

 

Lebih mudah untuk meningkatkan keterampilan sebagai perawat di Jerman. Karena berbagai teknologi kesehatan di Jerman sangat maju. Anda yang ingin belajar lebih lanjut bahkan melanjutkan studi bisa langsung melakukannya. 

 

Siapa yang tidak ingin mengembangkan ilmu demi kemampuan yang lebih baik. Kesempatan ini akan mudah didapatkan jika Anda telah bekerja di Jerman. Segala informasi bisa didapatkan dengan lebih cepat. 

  • Pilihan Lowongan yang Beragam

 

Lowongan kerja perawat di negara Jerman bisa dikatakan cukup banyak. Kebutuhan perawat yang menangani lansia di rumah atau di rumah sakit cukup tinggi. Bahkan setiap tahunnya kebutuhan perawat meningkat. 

 

Selain itu ada dua jenis lowongan yang bisa Anda pilih yaitu Aupair dan juga Ausbildung. Aupair adalah bekerja sebagai perawat anak-anak di Jerman dan Anda akan tinggal di rumah keluarga tersebut. 

 

Biasanya Aupair adalah program yang dipilih untuk pertukaran kebudayaan. Anda tidak harus lulusan perawat untuk bisa mengikuti program ini. Sedangkan Ausbildung adalah program kejuruan. 

 

Jika mengikuti Ausbildung Jerman Anda akan belajar sambil bekerja untuk mendapatkan sertifikat profesi. Semua siswa Ausbildung Perawat akan mendapatkan gaji per bulannya ketika praktek kerja. 

 

Syarat Menjadi Perawat di Jerman

Syarat Menjadi Perawat di Jerman

 

Peluang untuk bisa bekerja di Jerman sebagai perawat masih terbuka lebar hingga saat ini. Dengan hadirnya internet, Anda bisa mencari tahu apa saja lowongan kerja perawat yang tersedia. 

 

Biasanya lowongan ini bisa langsung Anda dapatkan dari website Ausbildung and Aupair langsung. Bisa juga dari perusahaan yang membuka lowongan tersebut. 

 

Soal syarat, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan syarat lowongan perawat di Indonesia. Hanya saja ada beberapa syarat tertentu yang harus dipenuhi karena merupakan warga negara asing. 

 

Berikut ini beberapa syarat umum yang biasanya harus dipenuhi sebelum mendaftar. 

  • Sertifikasi Profesi Keperawatan 

 

Bagi Anda yang ingin bekerja di rumah sakit Jerman, sertifikasi profesi ini sangat penting. Baik itu lulusan kebidanan dan keperawatan S1 ditambah dengan Ners. 

 

Sertifikasi profesi ini menjadi bukti bahwa Anda telah menempuh pendidikan yang sesuai dengan jenis pekerjaan. Ada juga lowongan yang menerima lulusan D3 dan juga D4 keperawatan dengan memiliki sertifikasi yang sama. 

  • Memiliki Pengalaman Kerja Minimal 1 Tahun 

 

Ada juga syarat pengalaman kerja yang dibuktikan dengan surat rekomendasi dari perusahaan terdahulu. Beberapa tempat ada juga yang memiliki syarat ini, biasanya menawarkan gaji yang lebih tinggi. 

 

Baik itu lulusan S1 atau D3, jika lowongan memiliki syarat ini sebaiknya dipenuhi. Karena akan meningkatkan peluang agar bisa diterima. 

  • Sertifikasi Bahasa Jerman Level B2

 

Syarat yang paling utama selain keterampilan kejuruan adalah soal bahasa. Komunikasi menjadi dasar yang paling utama dalam bekerja, oleh karena itu Anda harus bisa menguasai bahasa Jerman. 

 

Ada standar tertentu yang harus dipenuhi yaitu level B2 yang juga ditunjukkan dengan sertifikasi. Demi meraih kemampuan bahasa ini Anda tentunya harus mempersiapkan jauh-jauh hari. 

  • Visa Bekerja di Jerman

 

Seorang perawat yang berhasil mendapatkan lowongan kerja perawat di negara Jerman harus segera mengurus visa. Syarat ini juga mutlak karena adalah izin tinggal selama bekerja di Jerman. 

 

Jika masih berada di Indonesia, Anda bisa mengurusnya di kedutaan Jerman langsung. Lengkapi semua syarat yang dibutuhkan beserta uang untuk membayar visa. 

 

Cara Mendaftar Kerja sebagai Perawat di Jerman 

Cara Mendaftar Kerja sebagai Perawat di Jerman 

 

Apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan untuk bisa mendapatkan lowongan kerja perawat di negara Jerman dan sampai berhasil? Tidak jauh berbeda seperti ketika Anda ingin sekolah di Jerman. 

 

Semua ada tahapannya, selama syarat yang dibutuhkan telah dipenuhi. Seperti apakah gambaran untuk bisa mendaftar sebagai perawat di Jerman? Anda bisa menyimaknya berikut ini. 

  • Belajar Bahasa Jerman Beberapa Bulan Sebelumnya 

 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mempelajari bahasa Jerman. Keterampilan bahasa ini tidak bisa didapatkan dalam semalam. Anda perlu belajar dan terus berlatih karena harus mendapatkan sertifikat B2. 

 

Biasanya dibutuhkan waktu kurang lebih setahun untuk mempelajarinya. Anda bisa mencari tempat kursus yang bagus agar bisa cepat mahir. Kemudian ikuti ujian bahasa Jerman untuk memperoleh sertifikat. 

  • Mencari Lowongan Kerja Perawat

 

Anda bisa belajar sambil terus mencari lowongan kerja yang tersedia. Jika Anda tidak memiliki sertifikat profesi, maka alternatifnya adalah mendaftar Aupair atau Ausbildung. 

 

Kedua program tersebut memiliki syarat yang lebih mudah tanpa sertifikat profesi. Anda hanya perlu berusia minimal 18 tahun, memiliki kemampuan bahasa Jerman level B2, pengalaman kerja perawat, ijazah minimal SMA atau SMK. 

 

Jangan lupa untuk langsung mencari lowongan ini dari website resmi penyelenggara. 

  • Menerjemahkan Dokumen ke Bahasa Jerman

 

Semua dokumen yang dikirimkan termasuk CV dan surat lamaran harus dalam bahasa Jerman. Khusus dokumen penting seperti ijazah dan sertifikasi harus diterjemahkan oleh penerjemah bersertifikasi. 

  • Mengirim Lamaran dan Menunggu Proses 

 

Setelah semua syarat dipenuhi, Anda bisa mengirimkan lamaran langsung ke penyelenggara lowongan tersebut. Sisanya tinggal menunggu pengumuman apakah Anda akan lolos ke tahapan selanjutnya. 

 

Jika lolos dan semua tahapan selesai, maka Anda akan mendapatkan surat tugas. Surat ini akan digunakan untuk pembuatan visa. 

  • Membuat Visa Pekerja 

 

Terakhir adalah membuat visa, Anda tidak boleh menunda membuatnya segera setelah mendapatkan surat penerimaan. Biasanya visa membutuhkan waktu dua bulanan sampai selesai. 

 

Kemudian Anda bisa membeli tiket pesawat dan memiliki akomodasi sementara. Baru setelahnya Anda tiba di Jerman, bisa mencari akomodasi lain yang lebih nyaman untuk jangka waktu lama. 

 

Rangkaian untuk kerja sebagai perawat akan jauh lebih mudah jika Anda mengikuti program Aupair Jerman. Karena tidak membutuhkan sertifikat profesi keperawatan. 

 

Apabila Anda ingin mendaftar Aupair, sebaiknya langsung saja ke Westwork. Anda akan mendapatkan panduan lengkap soal lowongan kerja perawat di Jerman. 

× How can I help you?