Mengikuti tes bahasa Inggris menjadi salah satu syarat bagi kamu yang ingin kuliah di luar negeri.

 

Ada dua jenis tes yang biasa dipilih yaitu IELTS (International English Language Testing System) dan TOEFL (Test of English as Foreign Language). 

 

Baik itu TOEFL dan IELTS adalah jenis tes yang digunakan untuk mengetahui keterampilan bahasa Inggris dalam bidang menulis, membaca, berbicara. Ketiga keterampilan ini dibutuhkan supaya kamu memiliki kemampuan mengikuti perkuliahan. 

 

Apakah kamu sudah mendaftarkan diri untuk ikut tes TOEFL atau IELTS? Jangan sampai salah pilih, karena meskipun keduanya sama tapi tetap saja berbeda. 

 

Apa Itu Tes IELTS?

 

Apa Itu Tes IELTS

 

Tes IELTS adalah jenis tes yang hasilnya banyak diterima institusi di negara Inggris, Selandia Baru dan Australia. Penyelenggara tesnya adalah Universitas Cambridge, IDP Education Australia dan British Council. 

 

Meskipun penyelenggaranya adalah negara lain, tapi untuk mengikuti tes kamu tidak perlu pergi ke negara tersebut. Tes IELTS bisa dilakukan di Indonesia secara online atau langsung. 

 

Hasil tes secara umum diakui oleh lebih dari 11.000 organisasi di dunia, jadi walaupun kamu tidak mendaftar di perguruan tinggi di Inggris, Selandia Baru atau Australia tetap bisa memilih tes ini. 

 

Selama institusi tersebut mewajibkan atau hanya menerima tes IELTS maka kamu harus mengikuti tesnya. Format tes IELTS adalah untuk menguji keterampilan dari membaca, mendengarkan, berbicara dan menulis. 

 

Jadi ketiga format tersebut akan diubah dalam bentuk soal yang harus dikerjakan dalam waktu tertentu di hari yang sama.

 

Selama proses pengerjaan tes, kamu akan berada di ruangan yang sepi dan khusus tes berbicara tidak akan ada interupsi. 

 

Selama tes speaking kamu akan berbicara langsung dengan penilai selama 12 hingga 14 menit. Sedangkan pengerjaan tes lainnya langsung ditulis dengan tangan. Soal durasinya, IELTS sampai 2 jam 45 menit. 

 

Perbedaan Tes IELTS dengan TOEFL

 

Perbedaan Tes IELTS dengan TOEFL 

 

Sekilas TOEFL dan IELTS adalah jenis tes yang sama karena sama-sama mengetes keterampilan berbahasa Inggris. TOEFL merupakan ujian bahasa Inggris khusus logat Amerika. 

 

Penyelenggaranya adalah Educational Testing Service dan ETS di AS yang diselenggarakan di seluruh dunia. Biasanya jika kamu mengincar kampus di Amerika atau Kanada TOEFL adalah syarat utamanya. 

 

TOEFL memiliki banyak jenis seperti TOEFL iBT dan TOEFL ITP. Biasanya yang digunakan untuk mendaftar kuliah luar negeri adalah TOEFL ITP, dimana Kamu dapat mempelajar kursus TOEFL disini.

 

Berbeda dengan IELTS yang konsepnya adalah paper based dengan jawaban esai. 

 

TOEFL adalah jenis tes menggunakan komputer dimana semua jawaban akan direkam di komputer memanfaatkan internet.

Jawaban dari semua peserta tes akan dikirim ke ETS untuk dinilai. 

 

Termasuk untuk tes speaking, kamu akan berbicara di depan komputer dan direkam. Ujiannya sendiri terbagi menjadi tiga sesi yakni listening dan structure, written expression, reading comprehension. 

 

Penilaian tes IELTS adalah dengan memberikan skor pada setiap bagian tes kemudian dirata-rata untuk menghasilkan skor akhir dengan skala 0 hingga 9. Sedangkan  TOEFL ITP memiliki nilai 500. 

 

Berbeda dengan TOEFL iBT yang penilaiannya adalah maksimal 120 dengan rata-rata setiap sesi tes adalah 80 hingga 90. Waktu tes TOEFL lebih lama yaitu 4 jam. 

 

Tips Sukses Mengikuti Tes IELTS

 

Tips Sukses Mengikuti Tes IELTS

 

Sudah paham bukan apa saja perbedaan antara TOEFL dan IELTS. Jika kamu ingin mendaftar kuliah di Eropa maka sebaiknya pilih IELTS. IELTS adalah standar tes yang diakui dan dibutuhkan dengan logat Inggris. 

 

Kamu pun harus melakukan persiapan dengan benar untuk tes IELTS. Karena tergolong lebih sulit dengan waktu yang singkat. Penting sekali untuk kamu mahir dalam menulis bahasa Inggris karena sebagian besar jawabannya adalah esai. 

 

Supaya kamu tidak gagal dalam tes dan mendapatkan nilai rendah, beberapa persiapan berikut ini sebaiknya diikuti. 

  • Membiasakan Diri dengan Akses Bahasa Inggris 

Setiap orang yang berbicara bahasa Inggris memiliki logat. Khusus tes IELTS logat yang digunakan adalah Inggris British sehingga kamu harus membiasakan diri mendengarkannya. 

 

Latihan ini akan membantumu dalam mengerjakan listening test yang hanya diputar sebanyak satu kali. Aksen ini digunakan oleh orang-orang Australia New Zealand dan juga Inggris.

 

Kamu bisa mendengarkan logat ini dari podcast, konten di Youtube dan masih banyak sumber lainnya. Sering mendengarkan mampu membiasakan diri supaya mudah mengenali artinya. 

  • Membaca Petunjuk Tes dengan Teliti 

Latihan mengerjakan soal IELTS adalah adalah hal yang juga sama pentingnya. Terbiasa membaca soal akan membuat kamu jadi lebih teliti. Penting membiasakan diri membaca soal supaya tidak ada petunjuk yang terlewatkan. 

 

Hal ini mengingat sebagian besar jawaban dalam tes IELTS adalah menulis. Sehingga kamu bisa menulis jawaban dengan benar sesuai dengan perintah. Baik itu jumlah kata dan mengenai isi dari jawaban. 

  • Mencari Teman untuk Belajar 

Lebih seru jika kamu bisa belajar dengan beberapa orang. Teman akan meningkatkan motivasi kamu untuk menguasai materi yang sulit. Selain itu teman juga bisa menjadi tempat untuk mencari saran. 

 

Misalnya kamu sedang berlatih berbicara, baik pelafalan dan sikap saat berbicara bisa dievaluasi secara spontan. Kamu pun bisa dengan mudah untuk memperbaiki kekurangan yang masih dimiliki. 

  • Menciptakan Strategi untuk Menyesuaikan Kemampuan

Penting sekali supaya kamu melakukan strategi yang tepat pada saat mengerjakan soal. 

 

Contohnya saja ketika kamu memiliki kelemahan dalam sesi tes listening. Maka supaya pengerjaan cepat dan tepat kamu bisa fokus di bagian penting. 

 

Dengan begitu kamu terbiasa untuk mengerjakan soal listening dengan cepat serta tepat.

 

Hal yang sama juga bisa diterapkan pada sesi tes lain, jadi penting untuk mengetahui kelemahan diri dan cara memperbaikinya. 

 

Tidak bingung lagi bukan apa itu TOEFL dan IELTS. Kamu tidak akan salah lagi dalam memilih tes dan bisa mengerjakan secara tepat.

 

Dan salah satu tips paling rekomendasi agar skor IELTS Kamu menjadi maksimal maka ada baiknya mengikuti kelas kursus IELTS disini, untuk informasi lengkapnya bisa isi form diatas ini.

 

×